Dishub Janji Benahi Parkir dan Angkot di 2018

- Periklanan -

PALU – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Palu tengah melakukan pembenahan pada 2018, terkait dengan hal-hal yang menjadi prioritas kegiatan yang belum terselesaikan pada 2017 yang lalu.

Sebanyak 20 Angkot yang siap beroperasi dalam Kota Palu dengan sistem trayek telah diresmikan. (Foto: Wahono)

Kepala Dishub Kota Palu Setyo Susanto mengakui, bahwa prioritas pekerjaan yang belum selesai yakni yang terkait dengan Peparkiran dan Angkutan Kota (Angkot).

“Masalah parkir dan Angkot seharusnya sudah selesai tahun kemarin, namun karena masih ada kendala di lapangan akhirnya masalah tersebut belum bisa selesai,” ungkapnya  saat di temui di ruangnya Rabu (10/1).

Masalah yang mengemuka di atas, seperti masalah angkot yang belum selesai. Masalahnya kata Setyo, hanya terkendala secara administrasi teknis saja. Karena ketentuan-ketentuan yang berlaku di Surat Keputusan (SK) wali kota Palu,  juga sama halnya dengan peraturan yang ada di Peraturan Gubernur (Pergub) khususnya yang mengenai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

- Periklanan -

“Hanya terjadi miskomunikasi terkait dengan pemberlakuan Permenhub nomor 101 dan Permenhub nomor 108,” katanya.

Dari pemberlakuan permenhub di atas, lanjut Setyo Susanto, terjadi silang pendapat antara pemilik kendaraan reguler dan pemilik kendaraan yang bukan reguler. Pemilik kendaraan yang reguler terdaftar di badan usaha seperti Koperasi atau PT, diharuskan untuk melakukan balik nama kepemilikan kendaraan. Sementara yang kendaraan bukan reguler, dan tercatat di badan hukum Koperasi dan PT, tidak diharuskan untuk balik nama kepemilikan kendaraan.

“Perbedaan itu yang terjadi di lapangan, bagi angkot reguler (Plat Kuning) menganggap hal itu tidak adil,” katanya.

Padahal, antara angkot reguler dan angkutan kendaraan yang tidak dalam trayek (plat hitam), memiliki hal yang sama yakni berfungsi sebagai angkutan kendaraan umum.

“Itulah yang menjadi salah satu problem yang akhirnya mengulur waktu, namun kita harapkan pada tahun ini bisa selesai juga, bahkan kemarin juga sudah dari Samsat, dan alhamdulillah sudah ada titik temunya, tujuannya yah untuk mewujudkan penataan angkutan,” sebutnya.(cr7)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.