Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Disbudpar Buka Peluang Pihak Ketiga Kelola Danau Sibili

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Suasana danau Sibili yang terletak di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, beberapa waktu lalu. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palu, Moh Ridwan Karim SSos MSi mengungkapkan, danau Sibili yang terletak di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, merupakan destinasi Kota Palu yang menjanjikan ke depan. Olehnya itu danau Sibili yang berjarak sekitar 24 kilometer di utara Kota Palu ini, masuk dalam kalender pariwisata.

“Nanti perencanaannya akan dibahas tahun 2018,” sebut Moh Ridwan Karim kepada Radar Sulteng belum lama ini.

Danau yang memiliki pemandangan indah ini awalnya merupakan danau yang dijadikan tempat pemancingan oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi, karena seringnya pengunjung datang dari luar Kecamatan Tawaeli untuk datang berwisata, akhirnya danau ini dijadikan salah satu objek wisata andalan di kecamatan tersebut. Danau Sibili yang indah telah menjadi tempat wisata bagi masyarakat sekitar maupun dari luar Kota Palu.

Ridwan Karim mengungkapkan, kemungkinan danau Sibili ini juga akan dikelola dari pihak ketiga atau investor. Menurutnya, jika ingin memperindah dan membangun kawasan wisata itu tidak hanya dari pemerintah, akan tetapi dari pihak ketiga dalam hal ini investor kata dia.

“Pasti jadi prioritas kami, karena pasti banyak mendatangkan kunjungan. Lokasi yang paling kita utamakan adalah lokasi yang menjadi daya tarik, salah satunya kita mempunyai danau Sibili,” ujarnya.

Dia menambahkan, bagaimana gambaran perencanaanya nanti belum dapat dia katakan sepenuhnya. Apalagi pengelolaan danau yang menjadi wisata mancing dengan berbagai jenis ikan seperti mas, mujair dan gabus ini juga ada keterlibatan unsur-unsur terkait.

“Unsur-unsur terkait seperti PU, Pariwisata, Perindustrian dan para Asisten Pemerintahan Kota Palu. Wali Kota dan Wakil Kota Palu juga termasuk. Ingin direncanakan seperti apa danau Sibili, sementara ini kan belum tersentuh, kalau tidak salah pernah dirapatkan terkait danau ini dan lokasi rapat juga di sekitar danau ketika itu,” pungkas Ridwan. (cr2)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.