Dirjen PDTU Kemendes Tutup Bimtek di Kalukubula

Targetnya untuk Peningkatan Kapasitas Ekonomi

- Periklanan -

SIGI-Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, menutup secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Ekonomi (Livelihood) Masyarakat Desa melalui UMKM pascabencana di Kabupaten Sigi tahun 2019, yang ditutup oleh Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu (PDTU) Kementerian Desa (Kemendes), Ir. RR Aisyah Gamawati, MM. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia (RI) di Desa Kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat (6/12).

Bimtek Livelihood ini dilaksanakan selama empat hari, dimulakan Sejak Selasa (3/12) dan berakhir pada Jumat (6/12). Penutupan Bimtek, dihadiri oleh Direktur Penanganan Daerah Rawan Bencana (PDRB) Kemendes PDTT RI Drs. Hasman Ma’anim, M.Si, Kasubdit Wilayah IV Direktorat PDRB Kemendes PDTT Drs. Antonius M. Darji Putra bersama rombongan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi Samuel Yansen Pongi, para pimpinan OPD terkait di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), serta peserta Bimtek dan para instruktur (pembina).

- Periklanan -

Tujuan pelaksanaan bimtek ini, untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan recovery levelihood mulai dari skill, mutu dan pengembangan usaha.

Dalam sambutannya Bupati Mohammad Irwan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dirjen PDTU Kemendes PDTT RI bersama rombongan. Bantuan ini khusus UMKM untuk bantuan pasca bencana, berarti ini yang diberikan dari Kemendes kemarin tentang permintaan dari Pemkab Sigi, terkait dengan pemulihan ekonomi pasca bencana, yang terdiri dari kegiatan perbengkelan, pertukangan, dan salon (kecantikan).

“ Kita sudah menyusun rencana penanggulangan bencana, dan ini akan disusun menjadi sebuah Peraturan Bupati (Perbup). Setelah berjalan pelan sesuai dengan ketentuan, kita dorong ke Peraturan Daerah (Perda), sehingga SOP terkait dengan kontigensi. Kemudian persiapan-persiapan penanganan kedaruratan sudah ada semua dalam desain itu, “ jelas Bupati Mohammad Irwan Lapatta.(ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.