Dinas Koperasi UMKM Sigi Sosialisasikan Rencana Kerja Hibah Koperasi Pertanian

- Periklanan -

SIGI-Saat ini Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi sedang gencar melakukan sosialisasi dan pemaparan rencana kerja hibah koperasi berbasis pertanian, yaitu di Koperasi Tani (Koptan) Jaya Bersama Desa Bahagia Kecamatan Palolo.

Sosialisasi ini dipimpin langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi, Samuel Yansen Pongi, bersama pejabat di lingkungan Dinas tersebut.

Dalam paparannya, Kepala Dinas menegaskan pentingnya koperasi hadir di tengah petani desa, gunanya untuk memotong mata rantai pasar dan memberangus praktik tengkulak pasar.

- Periklanan -

“Kami banyak menemukan berbagai kesulitan para petani kita di pedesaan. Hingga petani pun mengalami kesulitan untuk menggapai yang namanya sejahtera, karena banyaknya praktik-praktik ijonisasi yang terjadi. Dimulai dengan permainan ketersediaan pupuk sampai dengan oknum pengecer yang menjual pupuk tidak sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), “ jelas Samuel.

Hal ini, tegas Kadis Samuel Yansen Pongi, jelas memcekik petani dan berimbas pada nilai tukar petani yang tidak pernah lebih dari 100 poin, yang artinya pengeluaran petani tidak pernah lebih besar dari pemasukan petani.

Menurutnya, kehadiran koperasi berbasis pertanian diharapkan mampu mengatasi hal tersebut. Dengan jumlah hibah mencapai Rp 250 juta, koperasi penerima hibah berbasis Pertanian diharapkan mampu menghadirkan pupuk murah dan mengatasi kelangkaan pupuk.
Kadis juga menjelaskan, di tahun 2019 terdapat tiga unit koperasi calon penerima hibah koperasi berbasis pertanian, masing-masing di Kecamatan Palolo, Kulawi, dan Dolo Selatan.

“ Penentuan koperasi penerima hibah berbasis pertanian melalui proses seleksi dan verifikasi yang ketat sesuai dengan arahan Permendagri 123 Tahun 2018, “ terangnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.