Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Dinas Koperasi dan UKM Sulteng Sosialisasi Perpajakan

Kepada Pelaku Usaha Kecil di Wilayah Pasigala

PALU – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan sosialisasi perpajakan bagi pelaku usaha kecil untuk wilayah Palu, Sigi, dan Donggala (Pasigala), di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis (5/9).
Sosialisasi tentang perpajakan ini diinisiasi Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Koperasi dan UKM Sulteng, karena dari amatan dan hasil konsultasi Dinas Koperasi dan UKM Sulteng dengan pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu, masih banyak masyarakat yang tidak sadar pajak.
“Melalui pembinaan kita, kita melalui pelaku usaha, kita memulai memberikan pemahaman terhadap pelaku usaha (untuk) taat pajak,” aku Arifin S Ahmad, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng, yang ditemui di sela-sela kegiatan.
Arifin menjelaskan, sosialisasi ini sebagai upaya memberikan pemahaman kepada pelaku usaha kecil di wilayah Pasigala tentang perpajakan. Dengan harapan, jika pelaku usaha kecil tersebut paham pajak, maka mereka sadar untuk membayar pajak. Sehingga pendapatan negara bisa meningkat. Kata Arifin, jika pendapatan negara meningkat, maka dampaknya juga akan kembali ke masyarakat.
“Dan kalau anggaran pemerintah meningkat atau banyak, tentunya kegiatan-kegiatan dalam pemberdayaan kembali lagi ke masyarakat juga. Jadi putarannya seperti itu,” jelasnya.
Disinggung apakah akan ada kelanjutan sosialisasi kepada pelaku usaha kecil lainnya, Arifin mengatakan, kemungkinan akan ada. Namun untuk saat ini masih difokuskan pada pelaku usaha kecil di wilayah Pasigala. “Nanti ke depan mungkin kita libatkan seluruh kabupaten kota,” sebutnya.
Dalam sosialisasi yang pesertanya didominasi pelaku usaha keci dari Kota Palu ini menghadirkan narasumber dari KPP Pratama Palu.(fdl)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.