Dinas BMPR Awasi 1.100 Jembatan di Sulteng

- Periklanan -

Tim dari pengawasan jalan dan jembatan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng bersama polisi saat memeriksa jembatan Palu II beberapa waktu lalu. (Foto: PPID bimatarung)

PALU – Sebagai dinas yang bertanggungjawab dalam bidang jalan dan jembatan, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengawasi 1.100 jembatan yang tersebar di wilayah Sulteng.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas BMPR Provinsi Sulteng, Asbudianto, Senin (21/5) mengatakan, pihaknya sudah melakukan inventarisasi dan pendataan kondisi jembatan yang menjadi kewenangan Dinas BMPR Provinsi. Memang kata Asbudianto, ada saja permasalahan yang ditemukan di lapangan, namun masalah tersebut dengan cepat direspons dengan mencari solusi terbaik. Misalnya,  Jembatan Palu II di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang sebelumnya ditemukan ada beberapa baut dan bagian bawah lantai jembatan yang diambil oleh orang tak  bertanggung jawab.

- Periklanan -

“Begitu kami dapat laporan ada baut dan bagian lantai bawah jembatan Palu II yang hilang kami langsung ganti. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelasnya.

Selain itu lanjut Asbudianto, ada beberapa jembatan juga yang mengalami scouring atau gerusan pada bagian pondasi dan juga langsung ditangani dengan memperbaiki dan dengan membuat Groundsill pada daerah hilir sungai. Jika tidak cepat diperbaiki akan membuat pondasi jembatan dapat  tertimbun oleh sedimen sungai.  “Ada juga beberapa jembatan yang harus kami gali akibat sedimen sungai sudah menutupi lubang alur air pada jembatan. Jika tidak segera ditangani banjir air akan mengalir di atas permukaan atau lantai jembatan,” ujarnya.

Menurut Asbudianto, kurang lebih 1.100 buah jembatan di wilayah Sulteng yang menjadi kewenangan Dinas BMPR. “Tentu masih banyak yang harus kita perbaiki, walaupun dengan keterbatasan anggaran pemeliharaan jembatan. Harapan kita kedepan biaya pemeliharaan jembatan bisa ditingkatkan, sehingga proses pemeliharaan bisa lebih maksimal ditangani,” terangnya. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.