Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dihantam Ombak, Empat Rumah di Desa Towale Rusak Parah

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ilustrasi rumah diterjang ombak. (@jpnn.com)

DONGGALA – Setelah pemukiman warga Desa Towale yang dihantam ombak beberapa hari kemarin, kali ini Desa Lembasada Kecamatan Banawa Selatan yang menjadi sasaran dasyatnya hantaman ombak yang disertai angin kencang tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Donggala, sedikitnya ada empat rumah yang mengalami rusak parah akibat dihantam ombak. Selain itu satu rumah tercatat mengalami kerusakan ringan dan 15 rumah terendam air laut.

Menurut Salah seorang warga yang menjadi korban, Aidil, angin kencang disertai ombak besar memang sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Puncaknya pada Selasa (14/2) malam kemarin. Aidil mengaku, ketika cuaca sedang buruk, gelombang laut selalu tinggi dan bisa sampai ke pemukiman warga yang berada di pesisir pantai. “Kalau sudah cuaca buruk seprti ini sudah keadannya,” ujarnya.

Seringnya terjadi gelombang tinggi tersebut juga dibenarkan oleh Sekretaris BPBD Donggala, Anwar. Kata Dia bagian pesisir pantai di Kecamatan Banawa Tengah dan Banawa Selatan memang selalu menjadi langganan abrasi pantai. Dalam setahun menurut Anwar, abrasi pantai bisa terjadi sampai tiga kali. “Kedua wilayah itu memang paling rawan dengan abrasi pantai,” ungkapnya.

Kata Anwar, sedikitnya sudah ada 12 juru bencana yang turun langsung ke desa Lembasada. Selama beberapa hari terakhir kata Anwar, para juru bencana tersebut tetap berada di lokasi kejadian untuk mengontrol situasi. “kalau ada bencana seperti ini mereka tetap siaga di tempat kejadian,” tuturnya.

Anwar menambahkan, rencananya BPBD akan turun langsung memberikan bantuan logistic berupa karung-karung yang akan digunakan sebagai tanggul pembatas sementara. “Sudah ada usulan dari warga. Mereka minta 1000 karung untuk dibuatkan tanggul penahan sementara. Kita masih upayakan bantuan tersebut. Sebelumnya kita memang juga memberikan bantuan 1000 karung kepada mereka,” pungkasnya. (ujs)

 

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.