Dewan Soroti Penurunan Tiga Pejabat Eselon II ke III di Pemkot Palu

- Periklanan -

PALU – Pelantikan Pejabat di Lingkungan Pemkot, Rabu (14/3) mendapat perhatian dari kalangan DPRD Palu. Pasalnya rotasi menyebabkan tiga pejabat eselon II harus turun jabatan ke eselon III.

Ilustrasi (@jpnn.com)

Adapun pejabat eselon II yang turun jabatan menjadi pejabat eselon III adalah Dr Farid Rifai yang menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Farid Rifai diturunkan eselonnya menjadi Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Kemudian ada nama Syamsul Saifuddin yang sebelumnya Kepala Balitbangda turun menjadi Sekretaris Balitbangda.

Lalu pejabat eselon II lainnya yang turun jabatan menjadi eselon III adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) M Arif yang diturunkan eselonnya menjadi Camat Palu Timur.

Terkait dengan tiga pejabat eselon II yang turun jabatan itu, anggota DPRD Palu Muhammad Rum menyatakan, keputusan ini akan membuat para pejabat itu akan sangat kecewa.

“Tadi kita terus memantau pelantikan itu, kita sendiri belum mendengar apa alasan Wali Kota menurunkan jabatan pak Farid, Syamsul Saifuddin dan Pak Arif itu,” katanya.

- Periklanan -

Rum berpendapat seharusnya dalam mengambil kebijakan wali kota tetap harus menjaga suasana kondusif agar tidak menimbulkan keresahan dari para pejabat.

Menurut Rum lagi, sebenarnya merupakan hal biasa kalau ada pergantian dan pelantikan pejabat di lingkungan pemkot karena itu adalah merupakan kebijakan wali kota.

“Memang tujuan dari rotasi pejabat itu adalah untuk meningkatkan kinerja mereka supaya lebih baik. Di mana tupoksi dan kesesuaian keahlian juga menjadi pertimbangan,” kata Rum.

Namun ketika ada pejabat yang kemudian diturunkan secara tiba-tiba pastilah mereka akan kecewa. ”Bagaimana nanti beban psikologi pejabat yang diturunkan menjadi Sekretaris itu,” katanya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Palu Erfandy Suyuti mengatakan, jika ada pejabat yang diturunkan jabatanya maka berarti itu adalah sanksi.

”Makanya seharusnya Wali Kota harus memberikan penjelasan kenapa mereka sampai diberi sanksi penurunan jabatan,” katanya.

Rabu (14/2), Wali Kota Palu merotasi pejabat di lingkungan Pemkot Palu, Eka Komalasri menjadi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Setyo Susanto menjadi Kepala Dinas Koperasi UMKM. Musliman Dg Malappa sebagai Kepala Dinas Sosial. Sudaryano R Lamangkona sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.