Desain Rotan Palu Go International

- Periklanan -

FINISHING: Kamardin tengah menyesaikan pembuatan kursi rotan pesanan konsumen, di workshopnya di jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Tondo, Jumat (24/2). (Foto: Arwansyah)

PALU-Untuk produk mebel rotan, Kota Palu patut berbangga. Berbagai desain produk mebel rotan asal Kota  Palu  kini sudah go international. Produk mebel rotan Palu sudah dipasarkan di beberapa negara Asia, Eropa dan Amerika.

Bukan hanya pengrajinnya, desainer-desainernya juga adalah Orang Palu. Salah satunya adalah Kamardin, yang beberapa tahun terakhir ini mengelola usaha mebel rotan ‘Bamba Rattan, beralamat di jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore.

“Saya buat dulu desainnya, bentuknya seperti apa. Setelah itu baru saya buat barangnya,” jelas Kamardin, di tempat workshopnya, kemarin (24/2).

Untuk urusan desain perabot rumah tangga dari bahan baku rotan, Kamardin adalah salah seorang ‘pakarnya’ di daerah ini. Produksi di Bamba Rattan tidak lagi menggunakan metode konvensional. Sebuah produk diproduksi secara massal (dalam jumlah banyak), kemudian dipajang, menunggu pembeli datang.

- Periklanan -

Calon konsumen yang datang terlebih dahulu disodori dengan katalog desain, dan disilakan memilih desain yang diinginkan. Untuk desain tertentu, Kamardin membuatnya dalam bentuk tiga dimensi, di layar komputer.

Jadi, calon konsumen itu bisa tahu nanti produk jadinya seperti apa. Ada juga sebagian yang masih meragukan, apakah produk jadinya sama dengan yang di laptop.”Saya bilang, kalau nanti yang saya bikin tidak sama dengan yang digambar ini, silakan komplai,” cerita Kamardin yang juga Desainer dan Produksi dari Pusat Inovasi Rotan Nasional (PPIRT) yang berkedudukan di Palu tersebut.

Kamardin mengaku, bukan hanya mendesain produk mebel rotan dan memproduksinya, ia juga bisa mendesain sebuah ruangan lengkap dengan perabot-perabotnya yang terbuat dari bahan baku rotan. Ia lalu menyebut sejumlah pejabat dan kantor dari instansi yang memanfaatkan jasanya.

Ada sejumlah produk mebel rotan yang didesainya sudah dipasarkan hingga ke mancanegara. Bukan hanya produknya, karena mebel rotan ini ini Kamardin juga berkesempatan mengunjungi Negara Jerman, Januari 2014 lalu. Dan mengikuti pameran di Negara Eropa tersebut.

Kamardin menceritakan, akhir 2013 lalu ia ikut pameran di Jakarta. Pada ivent pameran tersebut ia ikut seleksi desain. Pesertanya dari seluruh Indonesia. Setiap peserta wajib menyetor lima desain.

“Tiga dari lima desain saya itu dinyatakan sebagai pemenang dan saya berkesempatan ikut pameran di Jerman,” cerita Kamardin. (ars)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.