Dermaga Kapal Selam di Watusampu Segera Rampung

- Periklanan -

SEDIKIT LAGI : Dermaga kapal selam yang nantinya menjadi basis dari sejumlah armada kapal selam milik TNI Angkatan Laut, tinggal selangkah lagi selesai proses pembangunannya. (Foto: Agung SUmandjaya)

PALU – Pembangunan pangkalan kapal selam di Kelurahan Watusampu, Kota Palu, tidak lama lagi segera rampung. Progres pembangunan untuk dermaga kapal selam serta sejumlah fasilitas pendukungnya sendiri telah mencapai 96 persen.

Kepada wartawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Mikaryo Widodo, optimis pembangunan pangkalan tersebut selesai di tahun 2017 ini. Pangkalan kapal selam yang terletak persis di depan Mako Lanal Palu ini, diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia April 2017 mendatang. “Kami harapkan 2017 ini selesai dan bisa diresmikan RI 1 (Presiden) atau pejabat negara lainnya, karena fasilitas pangkalan kapal selam ini merupakan fasilitas strategis,” terang Danlanal.

- Periklanan -

Adapun fasilitas pangkalan ini, selain memiliki dermaga kapal selam yang mampu menampung sebanyak dua kapal selam jenis kilo, juga nantinya memililiki sejumlah bangunan pendukung, seperti area safety sepanjang 200 meter. Masing-masing selter kapal juga sudah terbangun sepanjang 25 hingga 35 meter.

Namun untuk keamanan dari pangkalan sendiri, radius 1 kilometer dari pangkalan harus dikosongkan dari aktifitas umum, seperti perumahan warga. Untuk itu lah, pihak Lanal dibantu pemerintah daerah saat ini, terus berupaya melakukan pembebasan lahan milik warga yang masuk radius safety dari pangkalan kapal selam. “Karena ini fasilitas strategis negara, untuk itu tidak boleh ada sembarang orang yang bisa masuk ke daerah ini nantinya. Sebelum pangkalan kapal selam ini benar-benar safety, kapal selam belum bisa merapat ke sini (Watusampu),” terang Danlanal.

Masyarakat maupun pemerintah daerah, lanjut dia, juga patut berbangga, sebab Kota Palu dipilih sebagai tempat dijadikan pangkalan kapal selam, yang memiliki arti fital dan strategis bagi negara ini. Pembangunan pangkalan sendiri, dilakukan secara bertahap. Saat ini masih difokuskan untuk pembangunan dermaga dan dok kapal selam. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.