Dana Santunan Jiwa Belum Ada di Dinsos

- Periklanan -

PALU – Lima bulan pasca bencana alam, dana santunan jiwa yang semestinya sudah dibagikan kepada ahli waris, hingga kini dananya tidak tersedia di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kota Palu Abidin mengaku untuk dana santunan jiwa, bukan melekat di Dinsos Kota Palu.
“Dana santunan jiwa itu ada di BNPB pusat, mereka yang punya dana, dan sampai saat ini dana tersebut tidak ada sama kita,” ungkapnya kepada Radar Sulteng, Rabu (20/2).
Sementara Dinsos kota sendiri, terkait dengan ahli waris penerima santunan jiwa, hanya berkaitan dengan pengurusan berkas administrasi saja.
“Kemensos melalui Dinas Sosial di kabupaten dan kota yang terdampak bencana alam, hanya memfasilitasi verifikasi dan validasi data ahli waris saja,” sebutnya.
Dari hasi verifikasi data berkas ahli waris penerima santunan yang sudah terkumpul, dan telah dikirim ke pusat, dan saat ini menurut Abidin, semuanya data sudah ada.
“Kita sudah kumpul berkas ahli waris 1.383 jiwa,” tuturnya.
Jumlah sebanyak itu, Dinas Sosial Kota Palu langsung membawanya ke Kemensos Pusat, dan dari Kemensos pusat akan menyerahkan berkas ke BNPB pusat.
“Berkasnya minggu lalu sudah kita antar ke Kemensos, termasuk sudah juga sudah diantar ke BNPB pusat,” bebernya.
Nantinya, kata Abidin, berkas data penerima santunan jiwa yang sudah ada di BNPB pusat, sebagai acuan untuk penyaluran dana santunan jiwa.
“Nanti mereka yang salurkan dan mekanismenya pun mereka yang tahu. Untuk Kota Palu sendiri akan disalurkan melalui Bank Mandiri. Kapan kepastian dananya disalurkan saya tidak tahu,” ujarnya.
Kemudian, katanya terkait dengan penyaluran dana santunan jiwa melalui rekening Bank Mandiri akan menyalurkan dana santunan tersebut sesuai dengan jumlah data yang sudah ada tadi, sebanyak 1.383 jiwa.
“Bagi semua ahli waris akan dibukakan rekening di Bank Mandiri,” katanya.
Terpisah Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu juga membenarkan, jika dana santunan jiwa korban bencana yang peruntukannya untuk ahli waris dari korban meninggal, dananya juga tidak ada di Dinsos Provinsi.
“Belum ada yang cair dana santunan jiwa. Masih sementara menunggu dari Dirtjen keuangan,” ujarnya.
Menurut Ridwan Mumu, untuk dana santunan jiwa merupakan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, yang berasal dari dana siap pakai, namun atas persetujuan dari Dirjen Keuangan negara.
“Yang punya dana adalah BNPB, dan saat ini BNPB untuk mengeluarkan dana tersebut harus bermohon lagi ke Dirjen Keuangan negara, untuk mencairkan dana. Tinggal menunggu dari Dirjen keuangan, kapan mulai pencairannya,” sebutnya.
Kepastian atas berapa nominal dan kapan waktu untuk pencairan dana santunan jiwa menurut Ridwan Mumu pihaknya juga belum bisa memastikan.
“Kita menunggu saja, siapa tahu dalam minggu ini bisa cair, karena berkasnya sudah ada di Dirjen Keuangan Negara,” singkatnya. (zal/mg1)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.