Dana Desa Ogolugus Parigi Moutong  Dibidik Jaksa

- Periklanan -

Ilustrasi (radarbanten.com)

PARIMO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Parimo belakangan diketahui sedang membidik sejumlah dugaan penyalahgunaan keuangan di sejumlah di desa di Kabupaten Parimo.

Salah satu desa yang masuk dalam bidikan kejakasaan adalah dugaan penyalahgunaan dana desa yang terjadi di Desa Ogolugus, Kecamatan Ampibabo.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parimo, Jurist Precisely SH MH, mengatakan, sejauh ini jaksa sedang menelusuri kebenaran adanya dugaan penyalahgunaan dana desa Ogolugus.

“Ada yang memberikan laporan ini dan tetap kita tangani,”ujar Jurist.

Saat dikonfirmasi, Jurist belum mengungkapkan berapa dana desa yang diduga disalahgunakan oleh oknum kades. Sebab, laporan tersebut sedang ditangani oleh bagian intel kejaksaan.

- Periklanan -

Ia hanya menjelaskan bahwa tindaklanjut yang sedang dilakukan jaksa, antara lain melakukan Pengumpulan Data (Puldata) dan Pengumpulan Bahan Keterangan (Pulbaket).

“Itu ditangani oleh intel, masih puldata dan pulbaket,”ungkapnya.

Jurist memastikan, setiap adanya laporan dugaan penyalahgunaan keuangan negara tetap ditelusuri kebenarannya. Namun dalam hal ini menurut Jurist akan dilihat apakah masih bisa dilakukan upaya preventif atau tidak.

“Katakan pun ada penyalahgunaan, apakah kerugian yang timbul bisa dikembalikan ke das desa itu sendiri,”jelasnya.

Karena kata Jurist, sebenarnya parameter keberhasilan, penanganan atas dugaan terjadinya penyimpangan adalah bagaiamana hak negara atau hak desa bisa kembali.

Ia menegaskan, meskipun pihak kejaksaan sudah melakukan MoU bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), bukan berarti aparat desa kebal hukum.

“Kejaksaan tetap akan dilakukan upaya represif,”tegasnya. (Iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.