Daftar Tunggu Pelanggan PLN Palu Semakin Sedikit

- Periklanan -

Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin melakukan simbolis kepada pelanggan penyambungan baru pada peringatan hari pelanggan nasional, Selasa (4/9). (Foto: Anton)

PALU – Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin mengungkapkan, saat ini daftar tunggu calon pelanggan untuk penyambungan baru semakin hari semakin sedikit. Menurut Emir, dalam melayani penyambungan kepada calon pelanggan tetap pada standar layanan yang ada. Dimana jika tidak membutuhkan perluasan apa-apa, standar penyambungan adalah tujuh hari.

“Jadi setelah membayar biaya penyambungan, setelah tujuh hari harus kita nyalakan. Tetapi kalau dia butuh perluasan jaringan, nanti tergantung jaringan apa yang dibangun oleh PLN. Kalau misalnya jaringannya, jaringan tegangan menengah, itu kisarannya 100 hari. Kalau dia hanya membutuhkan gardu, 40 hari,” terang Emir di sela-sela kegiatan Hari Pelanggan Nasional yang digelar PLN Area Palu di Kantor PLN Rayon Kamonji kemarin (4/9).

- Periklanan -

Menurutnya, dalam beberapa waktu terakhir pelayanan penyambungan di bawah tujuh hari. Dalam artian, rata-rata pelanggan tidak membutuhkan perluasan baik jaringan tegangan menengah maupun gardu. Dia memperkirakan calon pelanggan yang masuk dalam daftar tunggu dalam kisaran 10 sampai 20 orang. Dari jumlah daftar tunggu tersebut bisa segera terlayani penyambungannya dalam waktu maksimal tujuh hari setelah pembayaran biaya penyambungan. “Kalau di sini (PLN Rayon Kamonji) mungkin hanya sepuluh, dalam waktu tujuh hari sudah dilayani,” tuturnya.

Dikatakan Emir, saat ini kondisi kelistrikan khususnya pada Area Palu tetap surplus. Masih sekitar 10 MW. Meski sekarang PLTU Mpanau pasokan batubaranya masih tersendat, kata Emir, tapi tidak padam. “Karena kita ambil suplai dari PLTA Sulewana lebih banyak. Jadi misalnya kalau PLTU kembali membaik, akan lebih baik lagi,” terang Emir sembari mengimbuhkan bahwa suplai dari PLTA Sulewana hampir sekitar 80 MW. Dimana sebenarnya PLTA Sulewana mampu menyuplai 195 MW, yang diserap hanya sekitar 80 MW.

Pada peringatan hari pelanggan tersebut, PLN Area Palu memberikan pelayanan spesial kepada calon pelanggan yang bermohon pemasangan baru, yakni di Jalan Sungai Manonda Lorong PDAM atas nama Saiyid Basri Al-Aidid. Pelanggan yang baru bermohon kemarin itu, langsung mendapat pelayanan pasang baru satu hari nyala. (fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.