Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Butuh Upgrade Ilmu untuk Self Production

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Punya minat menjadi konten kreator dan melakukan self production? Kuncinya ilmu. Di era digital saat ini, setiap orang memiliki peluang untuk memproduksi, menyiarakan, hingga mendistribusikan informasi dari sumber ke khalayak.

Namanya, era new media yang terjadi saat ini. Terjadi pergeseran era old media, di mana publikasi dan penyiaran ke khalayak hanya terbatas dilakukan oleh perusahan pers. Seperti yang diungkapkan oleh Koordinator Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Untad, Dr Achmad Herman SSos MSi, dalam siaran Radar Sulteng Podcast Show pada Jumat sore (16/7). Tema yang didiskusikan adalah Kompetensi Keilmuan Komunikasi di Era Digital.

“Sekarang dengan berbagai platform media, orang bisa meliput dimana saja, orang bisa melakukan apa saja, kemudian share, dengan konsep-konsep citizen journalism. Artinya apa? Masyarakat itu bisa melakukan peliputan. Inilah yang kemudian disebut Manuel Castle sebagai mass-self communication, yakni komunikasi massa yang dilakukan oleh individu,”ungkapnya.

Herman menyebutkan platform media sosial seperti youtube, facebook, instagram, twitter hingga WhatsApp, menjadi saluran komunikasi yang dilakukan oleh para pelaku self production atau yang akrab dikenal dengan istilah konten kreator. Olehnya, dalam teori-teori jurnalistik terbaru dikenal istilah new media.

Lulusan program doktoral Universitas Airlangga ini, kemudian menyebutkan begitu pesatnya perubahan tersebut dipicu cepatnya perkembangan teknologi komunikasi. “Karena teknologilah informasi itu diketahui khalayak,” jelasnya.

Di tengah perubahan yang begitu cepat, maka Herman mengatakan pentingnya adaptasi. Untuk menjawab tantangan perubahan ini, Universitas Tadulako membuka program magister (S2) untuk Program Studi Ilmu Komunikasi. Kehadiran program magister ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan upgrade skill dan ilmu di bidang komunikasi.

“Di sini nanti (program magister, red) kita harapkan banya perkembangan-perkembangan keilmuan yang bisa kami berikan kepada mahasiswa nanti, bagi calon magister,” kata Herman.

Sejatinya ada banyak informasi dan pengetahuan baru yang diungkapkan Herman seputar tema Kompetensi Keilmuan Komunikasi di Era Digital, selama kurang lebih 30 menit. Selengkapnya bisa disimak secara langsung channel facebook dan youtube milik Radar Sulteng.(uq)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.