alexametrics Bupati Sigi Siapkan Lahan Berkebun untuk Kader GAMKI – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Bupati Sigi Siapkan Lahan Berkebun untuk Kader GAMKI

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata akan menyiapkan lahan dan bibit khusus bagi kader-kader GAMKI yang ada di Sulteng maupun di Sigi yang ingin berkebun demi menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).
Hal itu diungkapkan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta seminar bertajuk Sulteng Menatap IKN yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Sulawesi Tengah, di salah satu hotel di Kota Palu, Sabtu (11/6/2022).

Di depan ratusan kader GAMKI Sulteng dan Sekretaris Umum (Sekum) DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat, Bupati Iwan juga memaparkan bahwa saat ini untuk kabupaten Sigi, sudah memulai program komoditas perwilayahan. Sehingga ketika tahun 2024 IKN dibuka, masyarakat Sigi sudah siap untuk memasok logistik. “Saya juga berharap jika kabupaten lain melakukan hal yang sama, mengingat Sulteng adalah provinsi yang berhadapan langsung dengan IKN,” paparnya.
Irwan juga berharap ada kabupaten yang menyiapkan lahan untuk peternakan, karena saat ini Sigi menempati urutan kedua nasional dalam hal peternakan sapi. “Namun, kita juga harus membangun cold storage serta memperhatikan pembangunan yang berkelanjutan,” tegasnya.

Terungkap dalam seminar tersebut, saat ini harga sayur mayur khususnya tomat dan cabai sudah terlihat trend harga yang naik. Karena tidak bisa dipungkiri, stok sayur mayur dari kabupaten Sigi sudah dipasok ke Morowali dan Morowali Utara.
Diperkirakan harga ini akan semakin naik saat IKN resmi dibuka, jika warga masyarakat tidak cepat mengantisipasi hal tersebut.

Senada dengan itu Sekum DPP GAMKI, Sahat sapaan akrabnya, berharap agar pemerintah di Sulteng juga menyiapkan destinasi wisata, karena hanya butuh penerbangan satu jam sudah tiba di Palu. Sahat, juga menaruh harap kepada kader GAMKI di Sulteng dan Sigi untuk tidak menyia-nyiakan apa yang dijanjikan oleh Bupati Sigi. “Saya berharap peluang yang sudah diberikan oleh Bupati Sigi, jangan disia-siakan oleh DPD GAMKI Sulteng dan DPC Sigi. Kalau kalian tidak menerobos peluang ini, dapat dipastikan, kalian hanya akan menjadi penonton di daerah sendiri,” pungkasnya.

Tampil di sesi kedua, Gubernur Sulteng yang diwakili Asisten III Mulyono memaparkan saat ini Pemprov sudah mencanangkan kabupaten Donggala sebagai sentra pangan. Dengan estimasi 5 juta orang yang akan memenuhi daerah IKN maka diperlukan setidaknya 450 ribu ton beras per tahun yang harus dipasok. “Kami sudah menyiapkan 30 ribu hektar lahan sawah untuk menyambut IKN,” pungkas Mulyono.

Ketua DPD GAMKI Sulteng, Tomson Tirolemba melalui Sekretarisnya Rudi Pieters berharap pemerintah provinsi agar segera melakukan terobosan untuk fenomena kelangkaan BBM khususnya solar dan pertalite, karena di Sulbar, Sulut dan Sulsel tidak adanya kelangkaan BBM. “Kelangkaan BBM hanya terjadi di Sulteng, setiap pagi hampir semua SPBU tidak tersedia pertalite dan solar. Ini akan menurunkan tingkat produktifitas dan akan sangat berpengaruh saat IKN resmi dibuka, karena logistik yang busuk hanya karena tidak tersedianya BBM,” singkatnya.

Untuk diketahui, seminar bertajuk Sulteng Menatap IKN, menjadi bahan pengantar rapat kerja daerah (rakerda) DPD GAMKI Sulteng dalam rangkaian pelantikan DPD GAMKI Sulteng.Turut dilantik DPC GAMKI Kota Palu yang dinahkodai, Yohanis Bandong dan Jein Gracia Djani.(*/ron)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.