Bupati Sebut Turunnya Kasus Covid-19 di Poso Hasil Kerja Semua Pihak

- Periklanan -

POSO-Kasus Covid-19 di Poso telah mengalami penurunan jumlah, baik ODP, OTG, PDP, maupun yang terkonfirmasi positif covid. Bahkan yang terbaru jumlah pasien positif covid tinggal menyisakan lima orang, setelah tiga orang dinyatakan setelah dua kali swab hasilnya negatif. 

Bupati yang juga ketua Satgas Covid-19 Poso, Darmin Sigilipu, mengatakan bahwa turunnya kasus covid di Poso buah dari kerjakeras semua pihak, terutama para tenaga medis dan tim satgas covid. Kasus corona juga tak makin meluas karena makin meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya virus mematikan ini.

“Kasus covid kita di Poso terus berkurang. Yang sembuh dari positif covid pun demikian. Itu semua hasil dari kerja keras kita semua, terutama tenaga medis dan tim satgas covid,” jelasnya, pada konfrensi pers update kasus covid Poso, Selasa (19/5). “Kita juga mengapresiasi kerja keras tim medis dan petugas keamanan yang bertugas pada pos-pos perbatasan. Mereka-mereka mencatat setiap orang yang melakukan perjalanan keluar masuk Poso untuk dilaporkan ke puskesmas-puskesmas yang menjadi wilayah domisili pelaku perjalanan,” tambah bupati.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Poso, dr. Marwan Neno dalam keterangannya menjelaskan bahwa telah ada dua pasien positif covid di Poso yang sembuh. Dua pasien positif corona di Poso dinyatakan telah sembuh setelah dilakukan evaluasi hasil Swab dan hasilnya negatif. Pasien positif yang telah sembuh yaitu pasien 01 Tuan IM (37) warga Kecamatan Poso Kota Utara.

- Periklanan -

IM dinyatakan sembuh setelah hasil evaluasi Swab PCR ke lima dan ke enam negatif. Sementara pasien sembuh berikutnya yakni pasien 02 Nona D (22) warga Kecamatan Pamona Timur. Nona D di vonis sembuh setelah hasil swab PCR ketiga dan ke empat negatif.

“Hasil Swab dari laboratorium Makassar terhadap dua pasien itu negatif dan dinyatakan sembuh sehingga diperbolehkan pulang oleh pihak RSUD Poso,” katanya, pada keterangan pers yang di dampingi Kadis Kesehatan, dr Taufan Karwur, dan Direktur RSUD Poso, dr Massalinri Hasmar.  

Dengan sembuhnya dua pasien positif covid ini, maka sisa pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Poso tinggal 5 orang. Tiga orang dirawat di RSUD Poso dan 2 orang di rawat di RS Anutapura Palu. 
Diketahui, bahwa sebelumnya ada ketambahan pasien positif corona sebanyak dua orang dari lima pasien dalam pengawasan (PDP) asal Napu klaster Gowa yang dirawat di RSUD Anutapura Palu.

“Pasien positif covid yang dirawat di RSUD Poso sebelumnya kan ada enam orang. Karena tiga orang sudah sembuh maka sekarang tinggal menyisakan tiga orang lagi. Tapi diketahui juga bahwa dua orang dari lima PDP asal Napu yang dirawat di RS Anutapura dinyatakan postif covid-19 berdasar hasil swab PCR. Sehingga saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Poso ada lima orang. Tiga di RSUD Poso, dua di RS anutapura,” urai Marwan. 

Marwan juga mengungkap adanya ketambahan 4 kasus PDP. Empat PDP baru ini terdiri dari dua petugas medis di RS Tentena dengan riwayat kontak pernah ikut menangani PDP warga Desa Kelei yang meninggal. Dan dua PDP lainnya adalah warga Napu merupakan anak dan istri dari salah satu diantara tiga PDP Hasil Swab Negatif yang dirawat di RSUD Anutapura Palu dengan rapid tes positif. Sedangkan untuk kasus ODP dari 22 kini berkurang menjadi dua orang.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.