Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Bupati Balut Resmikan Pencanangan Kampung Tangguh Desa Tolokibit

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

BALUT-Bupati Kabupaten Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa secara resmi membuka pencanangan kampung tangguh nusantara ‘Pomenggon Noa 1’ di Desa Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan, Kamis (1/4). Hadir dikesempatan itu Dandim 1308/Luwuk-Banggai Letkol. Inf. Fanny Pantouw, S.Sos, Kapolres Banggai Kepulauan AKBP Reja A. Simanjuntak, SH., SIK., MH, turut pula sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Balut.

Kegiatan diawali dengan menanam singkong, memanen ubi banggai dan kacang tanah oleh Bupati bersama Wakil Bupati, Dandim 1308/Luwuk-Banggai serta Kapolres Banggai Kepulauan. Seperti diketahui, tiga komponen itu merupakan komoditas unggulan masyarakat petani di desa Tolokibit.

Bupati Sofyan Kaepa menyampaikan, program pencanangan tersebut untuk mendukung upaya pemerintah terkait ketahanan pangan. Selain itu, fokus utama kampung tangguh nusantara yaitu pada bidang kesehatan jasmani dan rohani, sosial ekonomi, keamanan serta informasi dan kreatifitas. Ia berharap, agar Inovasi yang dilakukan harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Kampung tangguh nusantara diharapkan juga turut serta menertibkan masyarakat guna mencegah pencemaran Covid-19, ” ujar bupati saat tatap muka di BPU desa Tolokibit kecamatan Banggai Selatan.

Lebih lanjut bupati Balut menyampaikan program pemerintah daerah, yang saat ini telah bekerjasama dengan pihak investor guna mendorong produktifitas petani singkong di Kabupaten Balut.

“Ubi kayu ini punya potensi bagi pendapatan masyarakat. Oleh sebab itu kami mengundang investor, kita sudah bekerjasama, ” terangnya.

Kepala Desa Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan, Rahman Sangambal memaparkan beberapa kegiatan desanya, diantaranya upaya pencegahan di masa pandemi ini, baik karantina mandiri sebanyak 6 orang, Linmas aktif dilibatkan selama penanggulangan Covid-19 di desa itu berdasarkan protokol kesehatan (Prokes) hingga langkah pencegahan krisis pangan di desanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas pencanangan kampung tangguh yang ditempatkan di Desa Tolokibit ini,” ucap Kades.(mgl)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.