Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Bina Marga Sulteng Gelar Bimtek Rumah Tahan Gempa Risha

Upaya Percepatan Rekontruksi dan Rehabilitasi Bencana Sulteng

PALU – Guna mendukung percepatan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana alam di wilayah Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng, Bimbingan Teknis (Bimtek) instaler rumah instan sederhana sehat (Risha), di Kantor Bina Marga, Selasa (9/7). Adapun kegiatan lainnya juga adalah uji kompetensi dan sertifikasi operator dan mekanik alat berat.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang didukung oleh Balai Material dan Peralatan Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), wilayah Provinsi Sulteng.

Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng, H Syaifullah Djafar dalam sambutannya menyampaikan, pada kegiatan ini pemerintah memperkenalkan teknologi pembangunan Risha sebagai solusi rumah layak huni yang dapat dibangun secara cepat dan tahan terhadap gempa.

Menindaklanjuti hal itu, Bina Marga Sulteng yang membidangi jasa konstruksi bekerja sama dengan, Balai Material dan Peralatan Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berinisiatif, untuk melaksanakan pelatihan bimtek dan sertifikasi.

“Jadi itu dilakukan secara bertahap kepada tenaga terampil dalam pembuatan panel beton dan pemasangan Risha,” jelas Kadis.

Syaifullah mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, tenaga terampil dapat memperoleh keterampilan untuk membangun Risha dan bermanfaat juga dalam jangka panjang, yaitu sebagai sumber mata pencaharian sekaligus memenuhi kebutuhan pekerja konstruksi di Provinsi Sulteng.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulteng, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulteng dan sejumlah Kepala OPD yang ada di lingkup Pemprov Sulteng.

Dalam kesempatan kali ini lanjut Kadis, pihaknya juga melaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi operator serta mekanik alat berat, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing para operator serta mekanik alat berat yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

“Semoga kedua kegiatan ini dapat berkonstribusi secara posistif terhadap pembangunan, serta perkembangan dan kemajuan sektor jasa konstruksi di Provinsi Sulteng,” pungkasnya. (ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.