Biaya Pembuatan SKCK Jadi Rp30ribu

- Periklanan -

SUDAH BERLAKU : Nampak petugas yang melayani pembuatan SKCK menunjukkan biaya baru sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016, yang ditempel di depan loket pembayaran. (Foto: dok Radar Sulteng)

PALU – Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, terkait tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri, mulai diberlakukan. Tidak terkecuali di sejumlah tempat pelayanan yang ada di jajaran Polda Sulteng.

Disampaikan Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto, jika kenaikan tersebut juga berlaku untuk biaya pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Sebelumnya untuk pembuatan SKCK dikenakan biaya sebesar Rp10.000.

“Namun berdasarkan peraturan pemerintah nomor  60 Tahun 2016  tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Polri, pembuatan SKCK tersebut naik menjadi Rp30. 000, dan berlaku mulai hari ini,” terang Kabid Humas.

- Periklanan -

Selain kenaikan biaya penerbitan SKCK, penerbitan STNK baru dan perpanjangan untuk motor atau roda tiga, dari Rp50ribu menjadi Rp100ribu. Sedangkan biaya penerbitan STNK roda empat atau lebih, baru dan perpanjangan dari semula Rp 75 ribu menjadi 200 ribu.

Pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dari gratis menjadi Rp 25 ribu. Sedangkan untuk pengesahan STNK roda empat atau lebih sebesar Rp 50 ribu. Penerbitan STCK untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni Rp 25 ribu. Sedangkan penerbitan STCK kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda empat atau lebih mengalami kenaikan dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.

Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru maupun penggantian untuk kendaraan roda dua atau tiga naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 225 ribu. Sementara penerbitan BPKB baru/penggantian untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 100 ribu menjadi Rp 375 ribu. Penerbitan surat mutasi ke luar daerah, untuk kendaraan roda dua atau tiga, dari Rp 75 ribu menjadi Rp 150 ribu.

Sementara per bulan surat mutasi untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.  Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiba baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih menjadi Rp 200 ribu. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.