BI Sulteng – Pemkab Banggai Laksanakan HLM TPID

KAD Penting Untuk Pengendalian Harga

- Periklanan -

BANGGAI – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Banggai menyelenggarakan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Banggai, Senin (21/9) di Luwuk. Hadir dalam kegiatan HLM, Bupati Banggai, Dr Ir H Herwin Yatim MM, Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, Kepala BPS Banggai, Kepala Bulog Banggai serta anggota TPID dan Kepala Dinas terkait.

Kepala KPw BI Sulteng, M. Abdul Majid Ikram dalam paparannya menjelaskan bahwa program kerja TPID dilakukan melalui prinsip 4K yakni Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang Efektif.

Lebih lanjut Kepala KPwBI Sulteng dalam pemaparannya juga menekankan mengenai pentingnya penyusunan data neraca produksi dan ketersediaan bahan pangan di daerah sebagai dasar pengambilan kebijakan pengendalian harga disamping itu juga ditekankan mengenai pentingnya Kerjasama Antar Daerah (KAD) dalam upaya pengendalian harga.

- Periklanan -

“Bank Indonesia telah menginisiasi KAD antara Kelompok Tani Karya Bersama Binaan Bank Indonesia dengan pelaku usaha di Samarinda. Dalam konteks ketersediaan pasokan, BI Sulteng juga telah menginisiasi pembentukan klaster ketahanan pangan di Kabupaten Banggai untuk komoditas beras bekerjasama dengan Pemkab Banggai dan Kelompok Tani Semoga Jaya yang terletak di Kecamatan Toili,” jelas M Abdul Majid Ikram.

Bupati Banggai, Herwin Yatim dalam pemaparannya menyampaikan program pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan dan pengangguran yang telah dilaksanakan di Kabupaten Banggai tahun 2020. Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang telah terjalin antara Bank Indonesia Sulawesi Tengah dan Pemkab Banggai selama ini.

Dalam acara ini juga, Kepala KPw BI Sulteng, Majid Ikram menyerahkan langsung Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 RI kepada Bupati Banggai, Herwin Yatim. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.