Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dites Urine

- Periklanan -

Kepala BNNP Sulteng, Tagam Sinaga dihadapan puluhan Bhabinkatibmas dan Babinsa saat digelarnya kegiatan sosialisasi P4GN di aula Dinas Pendidikan Sulteng. (Foto: Radar Sulteng/Agung Sumandjaya)

PALU–Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tengah, mengumpulkan para Bhabinkamtibmas serta Babinsa yang ada di Kota Palu. Selain diberikan sosialisasi program pencegahan, pemberantasan penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), mereka yang dikumpulkan juga dilakukan tes urine, Kamis (10/8) kemarin.

Tes urine sendiri dilakukan, agar memastikan para Bhabinkamtibmas dan Babinsa benar-benar terbebas dari penyalahgunaan narkotika, sebelum menjadi ujung tombak dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika di lingkungan tempat tugas masing-masing. Kepala BNNP Sulteng, Brigjen Pol Tagam Sinaga, yang turut menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut, menegaskan, bahwa tes urine ini dilakukan bukan untuk mencari-cari kesalahan para petugas Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, namun untuk memastikan mereka benar-benar terbebas dari Narkoba saat berhadapan langsung dengan masyarakat.

- Periklanan -

Disampaikan Tagam, bahwa saat ini Narkoba sudah menjadi musuh Negara yang paling utama. Negara pun kini tidak main-main dalam pemberantasannya. Dirinya pun, yang ditugaskan sebagai Kepala BNNP Sulteng, juga serius menangani masalah ini. “Bukti keseriusan Negara, sekarang seorang jenderal ditugaskan pimpin BNN Provinsi. Saya pun tidak akan segan-segan menindak semua para bandar, tidak ada urusan dengan mereka, kalau salah kita tindak tegas,” sebut Tagam.

Bhabinkamtibmas serta Babinsa, kata Tagam, boleh berteman dengan siapa saja, tetapi ketika orang tersebut melanggar hukum apalagi terlibat Narkoba, maka kesampingkan hubungan pertemanan. “Yang kita musuhi perbuatannya, bukan orangnya,” katanya.

Dia berharap, para Bhabinkamtibmas maupun Babinsa yang ada ini dapat mendukung tugas-tugas BNNP Sulteng maupun Polda Sulteng dalam pemberantasan serta pencegahan Narkoba. Salah satunya, memberikan informasi bila ada hal-hal yang mencurigakan di kelurahan tempat Bhabinkamtibmas maupun Babinsa bertugas. “Anggota di lapangan jangan takut, walaupun itu orang besar sekalipun. Kita banyak yang dukung. Kami BNNP serius dalam hal ini, warga maupun aparat lainnya juga harus serius. Kita tidak ingin, anak cucu kita nantinya terkena Narkoba, dan bila itu terjadi jangan menyesal, karena kita yang membiarkannya,” terang Tagam.

Kegiatan yang dipandu Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNNP Sulteng, AKBP Kahar Muzakir ini, dihadiri sekitar 40an peserta. Seluruhnya dilakukan tes urine, saat kegiatan sedang berjalan. Seluruh peserta nampak kooperatif untuk mengikuti arahan petugas BNNP untuk dilakukan tes urine.(agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.