Bertahap, Sejumlah Satuan Dipindah ke Polda Baru

- Periklanan -

Rencananya tahun 2018 kantor Polda Sulteng yang baru di Jalan Soekarno Hatta sudah akan ditempati sejumlah satuan dari kantor Polda yang lama. (Foto: Rony Sandhi)

PALU – Setelah resmi telah menerima penyerahan hak atas tanah tersebut dari pemegang izin pemanfaatan lahan sebelumnya, yakni PT Sinar Putra Murni (SPM), kantor Polda baru yang terletak di Jalan Soekarno Hatta pada awal tahun 2018 direncanakan sudah akan difungsikan.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi, mengatakan penggunaan kantor Polda di Jalan Soekarno Hatta direncanakan pada awal tahun (2018, red). Kemungkinan beberapa Direktorat akan secara bertahap menempati gedung di kantor Polda di Jalan Soekarno Hatta. “Memang kan sudah ada beberapa satuan seperti, Ditpam Obvit. Nanti secara bertahap satuan lain juga akan pindah ke kantor baru,” katanya di sela-sela pressrelase akhir tahun di Mapolda belum lama ini.

- Periklanan -

Menurut orang nomor satu di Polda Sulteng itu, untuk pindah ke kantor yang baru tentu tidak semua bisa langsung dipindahkan, karena banyak hal-hal teknis yang perlu dilengkapi, salah satunya fasilitas pendukung di kantor yang baru. “Pelan-pelan satuan-satuan akan pindah ke kantor polda baru,” ujarnya.

Terkait dengan kantor Polda lama di Jalan Sam Ratulangi ke depan akan difungsikan untuk apa ?, Kapolda belum bisa memberikan gambaran nantinya setelah semua aktivitas pelayanan berpindah ke kantor yang baru, kantor Polda lama akan difungsikan untuk apa. “Kita akan evaluasi bersama seluruh jajarannya. Ke depan di kantor Polda lama cocoknya untuk aktivitas apa,” pungkasnya.

Seperti diketahui sejak dibangun sekitar tahun 2008  kantor Mapolda Sulteng belum bisa digunakan karena terkait permasalahan sengketa lahan dengan pemegang izin pemanfaatan lahan sebelumnya , yakni PT Sinar Murni.

Setelah melalui rapat koordinasi bersama pihak pemilik HGB PT SPM, disepakati bahwa lahan dengan luas 15 hektare itu akan diserahkan oleh PT SPM kepada Polri dalam hal ini Polda Sulawesi Tengah. Di atas lahan itu, saat ini telah berdiri bangunan gedung utama Mapolda Sulteng, gudang barang bukti, serta rumah susun (Rusun) untuk personel Polda Sulteng. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.