Berkat TMMD, Bedah Rumah 30 Unit Terwujud

- Periklanan -

Kasrem 132 Tadulako, Adrian Saputra (kiri) meninjau langsung hasil bedah rumah yang dilakukan oleh aparat TNI serta masyarakat dalam TMMD ke 98, di Kecamatan Kulawi Selatan, Kamis (4/5). (Foto: Agung Sumadjaya)

SIGI – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Kulawi Selatan, resmi ditutup Kepala Staf Korem (Kasrem) 132 Tadulako, Letkol Inf Adrian Saputra. Selama sebulan digelarnya kegiatan ini, sejumlah target TMMD juga terwujud.

Salah satunya yakni renovasi 30 unit rumah tidak layak huni milik masyarakat setempat. Serta sejumlah program-program kemanunggalan TNI dan masyarakat setempat. Penutupan TMMD ke 98 ini, ditandai dengan upacara yang juga dipimpin Kasrem Tadulako di Lapangan Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan, Kamis (4/5).

- Periklanan -

Usai upacara, digelar pula bazar sembako murah dan pengobatan gratis di sekitar lapangan Desa Lawua. Selanjutnya, rombongan Kasrem bersama sejumlah pejabat Pemkab Sigi, meninjau rumah warga yang telah selesai direnovasi. “Saya nilai untuk program fisik bedah rumah warga ini sudah berhasil. Di mana 30 unit rumah warga yang tidak layak huni telah mampu direnovasi, bahkan dibangun baru,” kata Adrian.

Yang dahulu masyarakat sekitar hanya mampu tinggal di rumah yang beratap rumbiah dan berdinding anyaman bambu, kata Kasrem, kini sudah bisa tinggal dengan nyaman, karena rumah yang telah dibedah. Lanjut dia, ini lah yang merupakan tujuan dari digelarnya TMMD di berbagai daerah, dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan. “Untuk tahun ini, TMMD di Sulteng akan digelar empat kali. Pertama di Sigi ini, kemudian nanti di Tolitoli serta Donggala dan Morowali,” jelas Adrian.

Jalinan keakraban antara personel TNI yang berjumlah kurang lebih 150  serta Polri bersama masyarakat telah terjalin dengan baik. Tidak hanya pada saat melaksanakan program fisik pembangunan saja, namun dalam program-program non fisik, seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan masalah Kamtibmas serta penyuluhan kesehatam.

Sementara itu, Dandim 1306 Donggala, Letkol Kav I Gde Masa selaku Dansatgas TMMD ke-98 di Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi ini, menjelaskan, bahwa TMMD kali ini seluruh target yang telah direncanakan baik sasaran fisik berupa renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit maupun sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan dapat dilaksanakan sesuai target dengan lancar dan tepat waktu.  “Pekerjaan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta tepat waktu berkat kerjasama yang baik antara seluruh prajurit TNI dan masyarakat di sini,” terangnya.  Dia pun berterima kasih atas kerjasama yang telah dibangun, karena inti dari pelaksanaan TMMD yaitu menciptakan kemanunggalan antara TNI dengan Masyarakat.  (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.