Berhasil Panen Berkat Sumur Bor Bantuan Pondok Sedekah

- Periklanan -

SIGI – Pondok Sedekah Indonesia bekerja sama dengan Baituzzakah Pertamina (BAZMA) menyalurkan bantuan sumur bor pertanian untuk korban gempa di Kabupaten Sigi. Anton Budi Purnomo selaku Kepala Divisi Program Pondok Sedekah Indonesia mengatakan, bantuan sumur yang disalurkan untuk Sigi merupakan kelanjutan dari program bantuan kemanusiaan Pondok Sedekah pada saat bencana gempa dan tsunami melanda wilayah Sulawesi Tengah.

“Bantuan sumur bor ini merupakan program recovery bencana gempa di Palu. Agar masyarakat Sigi yang tadinya gagal panen karena gempa bisa kembali memanen ladang pertaniannya,” katanya, Rabu (20/11).

Lokasi yang diberikan bantuan sumur bor itu ada tiga desa yaitu, Desa Tulo, Desa Kotarindau dan Desa Maku, Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. “Ada tiga sumur bor yang diberikan di Desa Tulo,selebihnya masing-masing satu sumur untuk Desa Maku dan Desa Kotarindau,” katanya.

Ketua Kelompok Tani, Herman mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan oleh Pondok Sedekah dan Bazma Pertamina. “Alhamdulillah tanaman kami tidak jadi gagal panen berkat bantuan sumur dari Pondok Sedekah & Bazma Pertamina,” sebut Herman.

- Periklanan -

Menurut Herman, Sigi saat ini mengalami permasalahan lahan yang cukup parah akibat bencana gempa dan likuifaksi setahun lalu,  ditambah kekeringan panjang yang  yang melanda hampir seluruh wilayah nusantara. “Atas kondisi itu, banyak lahan pertanian yang sebelumnya adalah lahan potensial. Kini berubah menjadi lahan kering dan tandus,” katanya

Ditambah lagi, kata Herman, bukan hanya lahan yang kering,  saluran saluran  irigasi di desa juga rusak parah. Untuk diketahui, luas lahan pertanian di Sigi mencapai 265 hektare, tapi yang dapat ditanami atau dimanfaatkan hanya 3 hektare untuk tanaman hortikultura, jagung pakan 13 hektare dan selebihnya tidak bisa dimanfaatkan oleh petani karena kondisinya kering. Selain itu disaat yang bersamaan,  masyarakat desa Tulo juga sedang bergembira karena salah satu dari dampak sumur bor sudah terasa.

Area atau lahan yang mereka tanami beberapa jenis tanaman seperti semangka dan terong saat ini sedang panen, dan Alhamdulillah hasil panennya cukup memuaskan. “Semoga dengan bantuan yang ada, yang merupakan amanah dari para donatur bisa sedikit mengurangi beban masyarakat di wilayah Sigi,” harap Herman.

Pondok Sedekah dan Baituzzakah Pertamina sangat berharap aktivitas keseharian masyarakat bisa kembali menggeliat, salah satunya aktivitas ekonomi. Dan semua berharap dan juga berdoa Sigi kembali bangkit. (*/agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.