alexametrics Berhasil Menjalankan Semua Program PKPPB Hingga Pertengahan Tahun 2021 – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Berhasil Menjalankan Semua Program PKPPB Hingga Pertengahan Tahun 2021

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Perkumpulan Keluarga Paleleh dan Paleleh Barat (PKPPB) akan menggelar salah satu program kerjanya di edisi Idul Adha atau hari raya Kurban 1442 Hijriyah, yaitu akan melakukan penyembelihan hewan kurban sapi di Sekretariat PKPPB di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (22/7).

“Alhamdulillahirobbil, saya sebagai Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Paleleh dan Paleleh Barat (PKPPB) merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, karena dengan izin dan perkenannya jualah sehingga apa yang diprogramkan oleh PKPPB telah terlaksana dengan baik dan sukses, “ itulah ungkapan dari lubuk hati yang dalam Ketua Umum PKPPB H. Adnan M Baralemba, S.Pd., M.Si, ketika ditemui di ruang kerjanya di Sekertariat PKPPB Jln. Tanjung Manimbaya Palu.

Adnan M. Baralemba, sosok pribadi berdarah campuran bapaknya suku Kaili (Maslaini Baralemba) dan ibunya suku Buol (Djubaeda Abdullah) ini, dengan begitu gembira menyatakan bahwa PKPPB mulai aktif September 2020 saat ini sudah mulai berpartisifasi aktif dalam membantu masyarakat maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam mewujudkan masyarakat religius, masyarakat yang memiliki nilai-nilai etik dan moral serta saling peduli diantara sesama maupun lingkungannya.

“ Upaya ini telah kami tuangkan melalui program PKPPB, “ kata Adnan.

Menurutnya, program tersebut diprioritaskan dulu pada anggota melalui visi dan misi PKPPB. Selanjutnya menanyakan apa saja visi dan misi PKPPB ? Adnan menjawab visi PKPPB adalah terwujudnya kehidupan yang indah, damai, bersatu, saling menyayangi, gotong royong, dilandasi dengan nilai-nilai etik dan moral sebagai perwujudan iman dan takwa (imtaq) bagi sesama anggota PKPPB yang berada diperantauan.

Sedangkan misinya, adalah pertama, menjadikan anggota PKPPB yang ada di perantauan memiliki rasa solidaritas (kebersamaan), saling peduli, saling membantu di antara sesamanya. Kedua, menjadikan anggota PKPPB yang ada di perantauan menjadi insan yang bertakwa, beretika, bermoral sesuai nilai-nilai pancasila serta agama yang dianutnya. Begitu sederhananya rumusan visi dan misi PKPPB namun tenyata memiliki kandungan yang begitu mendalam terkait dengan nilai-nilai kehidupan.

Media ini menanyakan lagi tentang legalitas formal PKPPB. Adnan menjelaskan bahwa PKPPB itu legal yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Domisili nomor 145/335/1001/XII/2020 dan Surat KemenKumHam Nomor 0005777.AH.01.07. Tahun 2021 yang berada di Jl. Tg Manimbaya Nomor 246a ini ditahiun 2021 telah membentuk Majelis Taklim dan telah disetujui dan ditanda tangani oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu.

Dijelaskannya, Majelis Taklim ini merupakan garda terdepan PKPPB dalam menjalankan syiar agama. Adapun program PKPPB yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 ini adalah pengajian rutin yang dirangkaiakan dengan siraman rohani, diskusi agama yang diselenggarakan setiap bulan berjalan, dan tempat pelaksanaannya dari rumah ke rumah anggota PKPPB. Kemudian, pemberian santunan pada keluarga yang sakit maupun meninggal dunia.
Pemberian santunan kepada keluarga yang mengalami musibah atau bencana.
Memperingati hari-hari besar agama. Anjangsana dengan memberi santunan berupa sembako kepada warga Paleleh dan Paleleh Barat, warga Buol serta masyarakat sekitar termasuk para mahasiswa yang berasal dari Paleleh, Paleleh Barat, Buol.

“ Anak-anak yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan dan Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik dan sukses, “ ujarnya.

Selanjutnya, melakukan pelatihan menangani jenazah, dan saat ini telah telah terbentuk 2 kelompok yang bisa menangani jenazah dan ditangani langsung oleh Majelis Taklim PKPPB. Saat ini telah melaksanakan kurban dengan menyembeli 2 ekor sapi untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar yang berhak menerimanya. Mudah-mudahan kedepannya lebih banyak lagi, tukasnya.

Adnan menjelaskan lagi, tidak hanya itu program PKPPB, ternyata banyak program, namun ada beberapa yang belum dapat dilaksanakan antara lain pemberantasan buta baca tulis Alquran, pelatihan keterampilan memasak, mendirikan koperasi, serta unit-unit usaha lainnya.

“ Alhamdulillah, semua kegiatan tersebut terselenggara walau saat ini hanya mengharapkan uluran tangan serta keikhlasan dan ketulusan anggota PKPPB. Saya selaku ketua sangat kagum dan bangga pada mereka semua. Terima kasih saudara-saudaraku semuanya, semoga keikhlasan dan ketulusan itu Allah beri ganjaran dengan memperoleh derajat tertinggi di akhirat. Aamiin YRA, “ pungkasnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.