Belum Difungsikan, Kantor Baru Samsat Retak-retak

- Periklanan -

Kantor Samsat baru masih dalam tahap pemindahan dari kantor yang lama. Nampak ruang pelayanan di kantor Samsat baru, Jumat (8/12).

PALU – Jika sebelumnya masyarakat harus berdesak-desakan untuk mengantre di kantor yang lama, mungkin itu tidak akan dirasakan lagi di Kantor Samsat yang baru. Lokasinya masih tetap di jalan yang sama, yaitu di Jalan RA Kartini, tepat di depan Kantor PLN Palu.

Dari pantaun Radar Sulteng, di kantor Samsat yang baru ini memiliki halaman baik depan maupun di belakangnya yang luas dibandingkan dengan kantor lama. Saat masuk ke dalam ruang pelayanannya juga cukup luas, didukung dengan alat pendingin ruangan yang cukup menghangatkan tubuh ketika berpanas-panasan di luar.

Demi memaksimalkan keamanan juga disediakan beberapa kamera CCTV dari segala penjuru. Masyarakat juga tidak perlu khawatir jika ingin buang air kecil atau besar, karena masih dalam pantauan media ini toilet yang di khususkan bagi masyarakat cukup terbilang mewah, airnya pun lancar.

- Periklanan -

Namun, dari bangunannya yang megah, dinding-dinding di ruang pelayanan seperti mengalami retak, padahal bangunannya baru saja selesai dibangun. Dari penuturan  salah seorang pegawai tata usaha di Samsat Palu yang telah berkantor di gedung itu, mengatakan, bahwa bangunan ini mulai di bangun pada tahun 2015 dan berakhir di tahun 2017.

Dia mengungkapkan, sudah hampir seminggu terakhir kantor baru ini sudah ditempati oleh beberapa pegawai dari bidang tata usaha, untuk bidang yang lain masih berada di kantor lama. Untuk beberapa hari ke depan proses pemindahan akan bertahap. Tetapi, khususnya bagian pelayanan masih akan berpusat di kantor lama hingga kantor baru ini benar-benar siap ditempati.  “Yang sulit itu memasang kembali jaringan-jaringannya, itu petugasnya sibuk terus kesana-kemari, harus ekstra kerjanya, supaya saat pindah komputernya langsung colok, tidak kelabakan nanti,” ungkap pegawai bernama Indra.

Indra mengakui, meskipun pelayanan sebenarnya belum dilakukan pada kantor baru, namun ada sebagian masyarakat yang sudah datang menanyakan perihal permasalahannya seperti terkait surat-surat kendaraan bermotor. “Iya sebagiannya, jadi kita jelaskan masih di kantor yang lama pelayanannya,” tambah Indra.

Bangunan baru samsat ini berlantai II, khusus lantai dasar digunakan untuk pelayanan semata serta ruang yang diperuntukkan bagi kepolisian dan Bank. Namun dilantai II adalah ruang pegawai, pimpinan dan ruang rapat. Terdapat tiga ruang dari masing-masing Bank. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.