alexametrics Baznas Palu Serahkan Bantuan kepada 20 Kelompok Penerima – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Baznas Palu Serahkan Bantuan kepada 20 Kelompok Penerima

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Utamanya Kaum Fakir Miskin dan Fi Sabilillah///JDL
PALU-Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kota Palu menyalurkan bantuan kepada para mustahik dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang diterima Bagian Kesra yang baru saja melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dengan sukses, di kantor Baznas Kota Palu, Rabu (10/11).

Penyerahan bantuan dihadiri pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, Ketua Baznas Kota Palu Dr. Ahmadan B. Lamuri, serta pengurus lainnya diantaranya H. Djasman Latima.

Dalam kesempatan itu, Ketua Baznas Kota Palu Dr. Ahmadan B. Lamuri menjelaskan, telah diserahkan bantuan kepada para penerima bantuan (mustahik) dengan jumlah keseluruhan yang ditetapkan atau mendapatkan bantuan sebanyak 20 orang/kelompok.

“ Mereka ini kalau berdasarkan sasaran/kelompok penerima, adalah fakir miskin, amil, muallaf, fi sabilillah. Kalau berdasarkan program, adalah bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan dakwah, yang tidak ada bidang kesehatan. Tetapi yang terbanyak didistribusikan kepada Fi Sabilillah, termasuk sumbangan ke Panitia MTQ, “ jelas Ahmadan.

Untuk panitia MTQ yang berhasil menggelar MTQ Kota Palu dengan sukses diserahkan bantuan uang tunai sebanyak Rp 15 juta, yang akan diserahkan kepada para juara yang mengikuti MTQ tersebut.

“Namun untuk teknis penyerahannya bantuannya akan diatur oleh panitia MTQ Kota Palu. Yang diberikan diutamakan yang belum menerima hadiah atau bantuan dari pihak lain, “ terang Ahmadan kepada Radar Sulteng, Rabu (10/11).

Dijelaskannya, Baznas telah menyalurkan sekitar Rp 60 juta, tetapi sebelumnya sudah disalurkan untuk panti berupa sembako, juga mualaf, dan masyarakat yang membutuhkan bantuan saat pandemic Covid-19.

“Sekitar 50–an paket kita salurkan, kemudian bantuan untuk beberapa masjid yang ada di Kota Palu. Demikian juga jamaah yang ada di Kampung Baru, Kelurahan Talise, dan Kelurahan Besusu, “ ungkapnya.

Dikatakannya pada periode tahun ini sudah hampir Rp 100 juta disalurkan dari total penerimaan Baznas, sementara penerimaan Baznas hampir satu semester ini belum mencapati Rp 200 juta.

“ Artinya, kita sudah salurkan hampir 50 persen. Memang masih banyak. Masih menumpuk propoposal. Kita lakukan evaluasi. Memang kalau dilihat dari aspek penanggulangan, maksudnya beban penyaluran dengan apa yang kita hasilkan itu belum berimbang. Olehnya kita butuh sebenarnya peran dari bantu sosialisasi Baznas. Karena kalau kita hanya berharap yang ada ini tidak bisa bergerak, “ tegas Ahmadan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Palu, Dr. H. Nasrudin L. Midu pada kesempatan yang baik itu memberikan motivasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Baznas Kota Palu untuk menghimpun dana Baznas dan juga melayani para penerima zakat di Kota Palu. Kakan Kemenag sangat berharap, Pemerintah Kota Palu, dalam hal ini Walikota Palu berkenan untuk memasukan anggaran APBD dalam kegiatan Baznas Kota Palu.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.