Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Bawaslu Sulteng Luncurkan Koperasi Virtual Situlus

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Pejabat sementara (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, H. Mulyono meresmikan secara resmi pendirian Koperasi virtual atau disingkat Situlus, yang disaksikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI, yang diwakili Dharmawan Adi Santoso, disaksikan Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin Jainaz, dan Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Sulteng, Hj. Anayanti Sofianita, di kantor Bawaslu Sulteng.

Peluncuran atau launching Koperasi Situlus, dihadiri pula para komisioner Bawaslu di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala (Pasigala). Serta para ASN dan honorer Bawaslu Sulteng.

“ Kami melibatkan tiga kabupaten dan satu kota yang terdekat di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk melayani anggota Koperasi Situlus berbelanja di koperasi kami, “ ungkap Kasek Anayanti Sofianita, penggagas dibentuknya Koperasi virtual sebagai salah satu program perubahan di Bawaslu Sulteng.

Diterangkannya, kantor Bawaslu sudah masuk tiga tahun saat ini berada di Jalan Sungai Moutong Kecamatan Palu Barat, setelah pindah dari Kecamatan Palu Timur pasca bencana alam. Dari catatan Sekretariat, sejauh ini yang bekerja di Bawaslu Sulteng 60 persen pegawai honorer.

Olehnya kata Kasek, di koperasi ini semua peminjaman tidak direpotkan oleh anggunan. Pihak koperasi bekerjasama dengan Grand Hero, salah satu tokoh besar di Kota Palu. Harga barang yang dijual di Koperasi harganya masih terjangkau oleh semua anggota. Karena harganya sama dengan harga di Grand Hero.

“Harapan kami, semoga Koperasi Situlus ini bisa mensejahterakan anggotanya dan menjadi aset kita bersama, ” kata Anayanti Sofianita.

Ketua Bawaslu Sulteng, Jamrin Jainaz, menjelaskan di saat memberikan sambutan peluncuran Koperasi Situlus bahwa Kasek Bawaslu Sulteng Anayanti Sofianita adalah orang yang punya ide untuk membuat Koperasi virtual ini.

Menurut Jamrin, anggota Koperasi Situlus sebanyak 117 anggota, yang berasal dari Bawaslu Sulteng, Bawaslu Kota Palu, dan tiga kabupaten yaitu Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong (Parimo).

Kedepan tegas Jamrin, pihaknya akan meluaskan jangkauan sayap usaha Koperasi Situlus ini hingga ke 13 kabupaten. Harapannya agar semua keluarga besar Bawaslu bisa menjadi anggota. ” Semoga koperasi kita ini bisa berkembang, ” tegasnya.

Namun demikian, meski fokus mengembangkan koperasi tugas pengawasan kita juga lebih ditingkatkan. Dijelaskannya, kedepan ada pemeliharaan barang bukti. Seluruh Bawaslu di Indonesia itu memiliki anggaran Rp 200 juta. Semua barang bukti yang ada di Bawaslu bukan barang bukti yang dimusnahkan, karena kasus ini belum sampai ke pengadilan.

” Barang bukti berupa uang tunai masih ada Rp 850 ribu, masih utuh, ” ungkapnya.

Sementara itu, Dharmawan Adi Santoso, mengatakan tugas dan fungsi Kepala Sekretariat memfasilitasi tugas dan kewajiban pengawasan Pemilu. Berharap agar program perubahan ini ditingkatkan lagi hingga menjadi agen perubahan Bawaslu Sulteng.

Sedangkan Pj Sekprov Sulteng, Mulyono, saat melaunching Koperasi Situlus, mengapresiasi proyek perubahan Koperasi virtual Bawaslu Sulteng. “Ternyata luar biasa program ini, ” kata Mulyono.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.