Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Bawaslu Banggai Tolak Keinginan Aliansi Partai Peserta Pemilu

BANGGAI – Aliansi partai peserta pemilu 2019 di Kabupaten Banggai mendesak kepada Bawaslu Kabupaten Banggai untuk segera mengeluarkan rekomendasi penghentikan perhitungan suara Pemilu yang sedang dilaksanakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 23 kecamatan.
Tuntutan para pemimpin partai itu disampaikan langsung oleh masing-masing perwakilan partai, yakni PPP, Perindo, PAN, Golkar, Berkarya dan Partai Garindra di kantor Bawaslu, Senin (22/4) kemarin.
Sayangnya, kurang lebih sejam menyampaikan unek-unek mereka tentang “bobroknya” pelaksanaan pemilu 2019, keinginan para pemimpin partai politik itu tidak diamini alias ditolak oleh ketua dan anggota Bawaslu Banggai, Bece Abd Djunaid dan Adamsyah Usman.
“Dasar apa kami harus menghentikan perhitungan suara di PPK?,” tanya balik Bece dan Adam.
Sebab bagi mereka, Bawaslu tidak punya hak untuk mengeluarkan rekomendasi sebagaimana yang diinginkan pimpinan partai.
Terkait keinginan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Bece dan Adam pada prinsipnya setuju, namun hal itu melalui proses dengan mempedomani aturan yang berlaku.
“Saat ini kami sedang melakukan pemeriksaan terhadap laporan dugaan pelanggaran Pemilu di kabupaten Banggai,” kata Bece lagi.
Untuk itu, Bece dan Adam meminta waktu dan dukungan para pimpinan partai untuk segera melakukan proses hukum sebagaimana aduan warga dan pimpinan partai.
Bece dan Adam juga mengingatkan bahwa berdasarkan aturan ada 3 pelanggaran pemilu antara lain, pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik, dan pelanggaran pidana.
Dari tiga pelanggaran tersebut, semuanya dalam proses dan segera diajukan pada sidang Judikasi yang akan dilaksanakan di Palu, tepatnya di Bawaslu Sulawesi Tengah. (stv)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.