Batang Pohon Tutupi Jalan di Kebun Kopi

- Periklanan -

Batang pohon yang menutupi jalan di kilo 15 jalur trans kebun kopi, Rabu (28/6). (Foto: Safrudin)

PALU – Batang pohon berukuran besar dengan panjang 7 meter menutupi badan jalan di Jalan Trans lintas Sulawesi Parigi-Palu, setelah jatuh dari bukit tepat di kilo 15 pada Rabu (28/6).

Pohon itu jatuh dari bukit dan menimpa badan jalan, akibat guyuran hujan yang cukup lebat sesaat  sebelumnya.

Kejadian yang terjadi sekira pukul 12.30 wita itu, membuat arus lalu lintas terhambat dan antrean panjang kendaraan baik dari arah Parigi tujuan Palu, maupun sebaliknya. Pohon yang menghalangi badan jalan tersebut, baru bisa disingkirkan sekitar 40 menit kemudian.

Anggota Satuan Tugas (Satgas) Tinombala yang kebetulan melintasi jalan siang itu berjibaku dengan pengendara lainnya untuk menyingkirkan potongan pohon yang menghalangi jalan tersebut.

“Kami dari Poso ingin ke Palu,” kata salah satu Satgas Tinombala, Bagas Adi kepada Radar Sulteng, usai menyingkirkan potongan pohon, kemarin (28/6).

- Periklanan -

Pantauan Radar Sulteng, pohon yang menghalangi jalan tersebut, terlebih dahulu ditarik dengan kendaraan milik anggota Satgas Tinombala hingga pohon tersebut terpisah menjadi dua potongan. Setelah terpisah dan memungkinkan untuk diangkat, beberapa anggota Satgas Tinombala dan pengendara saling membantu menyingkirkan potongan pohon, hingga tidak menghalangi badan jalan.

Menurut keterangan warga sekitar, Yusuf Feri (35), hujan yang mengguyur wilayah tersebut memang cukup  deras. Sehingga pohon yang berada di atas bukit tersebut, terperosok jatuh menimpa badan jalan.

“Deras memang tadi hujan. Itu pohon memang sudah mati, tapi masih tertahan di atas. Karena hujan, tanah yang menahan pohon sudah tidak mampu lagi, makanya jatuh,” kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, untungnya tidak ada kendaraan yang tertimpa batang pohon tersebut. Padahal kata dia, saat itu, sedang banyak kendaraan yang lalu lalang baik dari arah Parigi, maupun sebaliknya.

Selain itu kata Yusuf, kemungkinan batang pohon yang masih tersisa di bukit tersebut masih akan jatuh jika jika hujan tetap mengguyur dengan deras. Pasalnya di atas bukit, masih ada satu batang pohon yang masih tertahan tanah di atas bukit.

“Cepat atau lambat, pasti batang pohon yang sana itu  akan jatuh juga karena cuma tanah yang menahan,” katanya sambil menunjuk satu batang pohon di atas bukit. (saf)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.