Basir alias Romzi yang Kuasai Senjata Api

Satgas Tinombala Gelar Babuk Sitaan dari Kelompok MIT

- Periklanan -

POSO-Satuan Tugas (Satgas) Tinombala melakukan gelar barang bukti (babuk) hasil sitaan pascakontak tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pada Minggu (3/3)sore. Gelar barang bukti di Mapolres Poso, Selasa (5/3) dipimpin Kepala Operasi Tinombala, Kombes Pol Susnadi. Ikut menyaksikan, Kepala Pelopor Brimob Polri Brigjen Pol Virdianto.
Tampak dari puluhan jenis babuk hasil rampasan yang digelar Satgas Tinombala antara lain satu pucuk senjata api organik M-16, 48 butir amunisi, satu buah bom lintong rakitan, beras, gula, pakaian, dan tas rangsel.
Kepala Ops Tinombala Kombes Susnadi mengatakan, semua barang bukti yang digelar merupakan hasil rampasan dari kelompok MIT Poso. Senjata api yang dirampas dalam kondisi baik. Rampasan diperoleh pascakontak tembak pada Minggu (3/3) lalu yang menewaskan Basir alias Romzi, anggota MIT Poso. “Semua babuk ini milik kelompok MIT yang kita dapatkan di hutan,” jelasnya pada wartawan.
Mantan Kapolres Poso ini kemudian mengungkapkan, sosok Aditya alias Idad, anggota kelompok MIT, yang ditangkap hidup Minggu (3/3) lalu.
Katanya, dalam kelompok MIT Poso, Idad merupakan koki alias tukang masak Ali Kalora alias Ali Ahmad. Sementara Romzi, yang tewas dalam kontak tembak, merupakan bagian dari yang menguasai senjata api di kelompok Ali Kalora. “Idad ditangkap hidup karena tidak memegang senjata dan tidak melawan. Kalau Romzi memang terlibat kontak tembak dan memegang senjata,” ungkap Susnadi.
Dansat Brimobda Sulteng berharap dari ditangkapnya Idad, pelacakan terhadap 13orang sisa DPO MIT yang masih berkeliaran di hutan Poso Pesisir bisa lebih mudah dilakukan. “Kami masih mengimbau agar mereka yang masih diburu menyerahkan diri saja. Menyerahkan diri itu lebih baik daripada melawan. Untuk melawan kami juga tidak mudah, karena kekuatan kami (Satgas) sangat kuat,” pungkasnya didampingi Wakil Kepala Ops Tinombala, Kolonel Inf Dody. (bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.