Banyak PNS Pemkab Donggala Pulang Kerja Sebelum Waktunya

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

DONGGALA – Kedisiplinan waktu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala sepertinya tak berjalan sesuai aturan. Pasalnya banyak PNS yang pulang kantor meski belum pada waktunya.

Hal itu terbukti dengan adanya sejumlah PNS yang pulang setelah jam istirahat atau tepatnya pada pukul 14.00 wita. Di jam-jam tersebut mereka sudah mulai menunggu tumpangan di sekitar Jalan Jati tepatnya di depan kantor Bupati Donggala.

Sekumpulan PNS dengan seragam lengkap tersebut semakin banyak ketika sudah memasuki pukul 14.30 hingga 15.00. Bukan hanya di depan kantor bupati saja, sepanjang jalan perkantoran sudah terlihat sejumlah PNS yang sedang menunggu tumpagan untuk kembali ke Kota Palu. Titik lainnya juga berada di jalan trans tepatnya di sekitar anjungan gonenggati.

Parahnya lagi, hampir semua OPD tak lagi melakukan apel sore seperti yang dilakukan di daerah-daerah lainnya.  Hal itu diakui oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala, Aidil Noer. Kata Dia, pihaknya sudah berulang kali menyampaikan permasalahan kedisiplinan kepada para pimpinan OPD, namun tetap saja ada yang masih tak mengindahkan.

- Periklanan -

“Betul, kita punya PNS sekarang sudah mulai melupakan disiplin, saya setiap hari kalau pimpin apel pagi terus menegur dan mengingatkan setiap pimpinan OPD,” terangnya.

Aidil mengungkapkan, harusnya setiap pimpinan OPD yang diangap cakap mampu mengerakan aparatnya terutama masalah disiplin. Jika tidak mendengar pimpinan bisa lakukan teguran berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 53 tentang disiplin PNS.

“Kesuksesan dalam bekerja adalah disiplin, cuma sekarang terkadang terbalik pimpinannya atau Kepala dinasnya yang memberikan contoh sehingga banyak yang ikut-ikutan juga,” sesalnya.

Aidil menambahkan, setiap pimpinan OPD sudah diberikan jadwal memimpin apel pagi yang tujuannya  berbagai informasi kesemua PNS dilingkup pemerintahan termasuk penekanan disiplin.

“Kita jangan cuma teriak tapi tidak bisa kasih contoh,  fasilitas sudah disiapkan pemerintah tapi masih ada juga yang masuk kantor pukul 10.00, bahkan ada juga cepat pulang tidak ikut apel sore. Dinas terkait yang diharap memberiakan contoh yaitu BKD tapi melakukan hal yang sama juga, silahkan tulis itu,” tambahnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.