alexametrics Bank Mandiri Salurkan Bantuan KUR bagi Petani Jagung di Sigi – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Bank Mandiri Salurkan Bantuan KUR bagi Petani Jagung di Sigi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Dalam rangka mendukung program dari Kementerian Pertanian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan pemerintah Kabupaten Sigi terus mendorong sektor pertanian untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kususnya di wilayah kabupaten Sigi.

Hal itu juga kemudian didukung dengan program-program dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, salah satunya program Pembiayaan KUR Cluster Jagung.
Kepala Area Head PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Zuhri mengungkapkan pihaknya di tengah kondisi pandemi seperti ini roda ekonomi sempat menunjukan tren yang menurun, bahkan Menteri Keuangan kata dia telah memberikan warning adannya Resesi Global yang mengancam Indonesia.

“Namun disisi lain, kita pun patut bersyukur bahwa ditengah ancaman pandemi, Sulteng tetap menunjukan trend positif. Ini semua tidak lepas dari kerja sama kita semua,” bebernya dalam kegiatan penanaman perdana program pembiayaan KUR Cluster jagung, Selasa (30/11) kemarin.

Dia juga sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten Sigi atas perhatiannya terhadap sektor pertanian, padahal wilayah kabupaten Sigi merupakan salah satu wilayah yang rentan terhadap bencana. “Tentunya kami menyambut baik akab hal ini. Untuk itu kami dari pihak perbankan siap membantu dan bersinergi bersama,” tuturnya.

Zuhri menambahkan, di era revolusi industri keempat yang semakin cepat berkembang seperti saat ini, Bank Mandiri turut mengambil peran aktif dalam mendukung program pemerintah, yaitu pemulihan ekonomi dengan mendorong investasi dan konsumsi dalam seluruh produk dan program Bank Mandiri.

“Sebagai salah satu Bank BUMN terdepan di Indonesia, Bank Mandiri memiliki tanggung jawab sosial dalam mengembangkan kemajuan prekonomian masyarakat. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan pemerintah kabupaten Sigi untuk mendorong pengusaha lokal agar terus berkembang hingga ke manca negara,” tandasnya.

Sementara itu, Branch Manager PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Palu Basuki Rahmat, Dwi Retnani Wijotohardjo menjelaskan program pembiayaan KUR Cluster Jagung ini, merupakan program pembiayaan bagi para petani jagung yang ada di Kabupaten Sigi.

“Sebenarnya KUR ini bisa semuanya, hanya saja kita fokuskan dulu program ini ke Jagung, tapi bukan berarti yang lain kita tidak biayai. Keunggulan program ini, tidak perlu ada jaminan,” tuturnya kepada Radar Sulteng.

Tidak ada jaminan dalam program itu, dikarenakan banyaknya petani penggarap yang tidak memiliki lahan. Namun untuk bisa ikut serta dalam program ini, Dwi menyebutkan harus direkomendasikan dari Trader dan surat keterangan dari kepala Desa setempat.

“Persyaratan yang lainnya, pesyaratan umum yang ada di perbankan. Ada ketentuan Bank yang harus dijalankan, seperti cek lokasi dan BI cheking, dan maksimal pembiyaan itu maksimal 20 juta untuk satu petani,” sebutnya.

Selain Bank Mandiri sendiri, dalam program itu juga melibatkan Pemerintah Sigi dan Dinas Terkait. Dia juga berharap dengan adanya program ini, para petani yang awalnya hanya sebagai penggarap agar kedepannya bisa terbentuk kelompok petani mandiri dan bisa memiliki lahan sendiri untuk dikelola.

“Sehingga Bupati Sigi sangat mensuport program ini. Ini harus berkelanjutan maka makanya kita butuh pemerintah dan sinergi dengan dinas terkait begitu juga dengan penyuluh pertanian dan off taker dalam hal ini PT JAPFA,” tutupnya. (win)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.