Bangkitkan Kebudayaan Lokal di Mubes Rumpun Powatua

- Periklanan -

SIGI-Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, menghadiri pembukaan acara Libu Bohe (Musyawarah Besar) Rumpun Powatua di Desa Winatu Kecamatan Kulawi, Selasa (7/1).

Musyawarah Besar Rumpun Powatua tersebut dihadir juga oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi Agus Lamakarate, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi Samuel Yansen Pongi, Kabag Humas Sigi Ariyanto, Kapolres Sigi yang diwakili KBO Binmas Polres Sigi IPTU I Made Mastro, Camat Kulawi, Camat Kulawi Selatan, para Kepala Desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, dalam sambutanya menghaturkan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan sehingga Musyawarah Besar (Mubes) Rumpun Pewatua ini bisa berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada saat ini adalah tiada lain untuk melestarikan budaya tradisional, yang diwujudkan untuk masa depan anak cucu, dan kembali membangkitkan dan mengajak generasi muda untuk tidak malu atau enggan terhadap kebudayaan sendiri.

- Periklanan -

”Saya mengharapkan untuk terus bangkit dan semangat untuk ikut ambil bagian membangun daerah, dengan berusaha keras serta penuh kebersamaan, persaudaraan dan tanggung jawab, tanpa membedakan asal suku maupun agama. Kita semua tetap menjadi satu kesatuan, yaitu masyarakat Kabupaten Sigi di dalam kebersamaan membangun daerah yang lebih baik, ”ungkapnya.

Musyarwarah ini juga adalah sebuah bagian dari kebersamaan, bukan saling bersaing dalam gagasan. Tidak saling menghujat satu sama dengan yang lain, musyawarah ini menciptakan suasana yang harmonis.

“Saya berharap kiranya musyawarah besar ini jangan hanya di tingkat bawah saja dilakukan. Melainkan juga dilaksanakan sampai di tingkat atas. Mari menjaga bingkai ini. Musyawarah ini juga dapat menghasilkan yang terbaik kedepan, hal-hal dan ide gagasan dituangkan kedepan,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Winatu, Erce Poku, mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Sigi, Ketua PMI Sigi, Kadis Koperasi dan UMKM Sigi yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir pada kegiatan Musyawarah Besar di Desa Winatu Kecamatan Kulawi.

” Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, kiranya dapat memberikan bantuan pembangunan kembali gereja, yang mengalami kerusakan pasca bencana alam pada 28 September 2018 yang lalu, ” ujar Kades.(ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.