Band Lokal Berusaha Lebih Konsisten

- Periklanan -

PALU – Salah satu media pemersatu masyarakat adalah kesenian, baik itu seni tari, rupa maupun seni musik. Kurangnya acara musik di kota Palu menggunakan band lokal, menjadi penyebab surutnya reputasi band lokal saat ini.

Salah satu penyelenggara musik di kota Palu, Akbar mengatakan, beberapa band lokal Palu, tidak aktif lagi karena kurangnya acara musik. 2014 beberapa band hanya sekadar eksistensi, penyelenggara mengambil untung dari anak-anak band itu. Sedangkan band tidak akan hidup jika hanya dimanfaatkan. Seperti contohnya, jika ada suatu acara saat registrasi itu band harus membayar jika hendak main. Padahal sebelum tampil band-band itu juga harus latihan yang mengeluarkan uang agar kualitasnya bagus.

“Mereka harus bayar di even, pas latihan bayar lagi, seiring berjalannya waktu hingga memasuki 2019, band-band yang masih konsisten main band buka gebrakan baru agar tidak selalu dimanfaatkan,” ungkapnya.

Beberapa band lokal melakukan beberapa cara agar masyarakat tertarik mulai dari memperbaiki kualitas musiknya, tampilannya, hingga membuat merchandise.

Menurut pandangan Akbar, rata-rata pemain band lokal Palu berusahan lebih konsisten lagi, agar bagus dan layak dinilai. Tidak menganaktirikan, apalagi jika ada band nasional datang ke Palu.

- Periklanan -

“Di 2020 dari hasil survei saya kepada para band-band mereka berusaha mengeluarkan segenap kemampuannya agar dinilai bagus,” ungkapnya.

Apalagi saat ini acara yang diselenggarakan oleh vendor, seperti beberapa perusahaan swasta. Belum ada badan kreatif yang membuat acara musik, di 2020 penting adanya badan kreatif yang membuat acara dan vendor itu sponsornya. Jadi ada porsinya masing-masing.

Akbar menyebutkan, di 2020 nanti akan ada acara besar yang diadakan badan kreatif, sebagai ajang perkumpulan beberapa band lokal untuk menyuarakan kegelisahannya serta mencarikan solusinya.

“Even itu Palu Rockin Fest, pernah diadakan di 2014, bedanya ada food corner, diskusi bersama pemerintah, pengamat musik, terkait gimana band lokal ini, dan pertunjukan musik dari band-band itu,” sebut Akbar.

Selain itu, Palu Rockin Fest ini juga mengenalkan band-band lokal kepada masyarakat secara luas. Diberi nama Palu Rockin Fest, karena mengingat musik rock banyak warnanya, semua genre musik bisa masuk, yang terpenting acara ini bukan hanya untuk pecinta musik rock saja.

“Semua warna ada, even ini bisa merangkul semua orang, terpenting mengenalkan dan menyatukan band lokal Palu,” tegasnya. (umr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.