Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Australia Kagum Pertumbuhan Ekonomi Sulteng

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pertemuan Minister Counselor Kedutaan Australia, Bradley Armstrong dengan Asisten II Bunga Elim Somba di ruang kerja Asisten II, Rabu (29/3). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (29/3) menerima kunjungan Minister Counselor (Political and Public Diplomacy Branch) dari Kedutaan Australia, Dr Bradley Armstrong PSM. Bradley Armstrong diterima Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemprov Sulteng, Dr Bunga Elim Somba, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, di ruang kerja Asisten II.

Dalam pertemuan membahas situasi keamanan dan ekonomi di Sulawesi Tengah terutama mengenai keamanan di Kota Poso.

Asisten II menjelaskan bagaimana situasi keamanan dan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah pasca kerusuhan Poso tahun 1998 sampai dengan 2004. Pasca kerusuhan diakui Elim Somba, ekonomi Sulteng sangat goyang karena banyak Investasi yang hengkang dari Sulawesi Tengah.

‘’Namun dengan upaya kerja keras pemerintah dari tahun 2004 hingga 2010 Keamanan di Poso dan perekonomian Sulteng semakin membaik,’’ jelas Elim Somba.

Lebih lanjut dikatakan Asisten, kondisi ekonomi Sulteng maju pesat. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah berada pada 9,98 persen di tahun 2016, jauh di atas rata-rata nasional yang berada pada angka 5,02 persen.

‘’Provinsi Sulawesi Tengah menjadi yang tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi,’’ ungkap Asisten.

Selain itu diungkapkan, Sulteng merupakan provinsi yang mempunyai nilai investasi tertinggi. Paling tinggi se-Kawasan Timur Indonesia. Pertumbuhan ekonomi ini ditunjang oleh sektor pertambangan.

Asisten juga memberi gambaran wilayah Sulawesi Tengah yang luasnya lebih besar dibanding provinsi lain di Sulawesi. ‘’33 persen wilayah Pulau Sulawesi masuk dalam Provinsi Sulawesi Tengah, dan sisanya terbagi pada wilayah provinsi lain,’’ sebut Elim.

Mendengarkan penjelasan dari Asisten II,  Bradley Armstrong mengaku Kagum dengan pertumbuhan ekonomi Sulteng. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Sulteng sangat maju,  apalagi mampu memperbaiki keadaan ekonomi pasca konflik di Poso.

Bradley Armstrong mengaku, pertemuan itu adalah jalinan silaturahmi dalam upaya membangun hubungan baik dengan Sulawesi Tengah. Ia mengaku upaya tersebut dilakukan terhadap provinsi lain di Indonesia, mengingat Pemerintah Australia memiliki hubungan yang kuat dengan Pemerintah Indonesia.(awl/*)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.