Asap dari Dalam Tanah Hebohkan Warga Parigi

- Periklanan -

PENASARAN : Sejumlah warga yang penasaran mendatangi rumah Nurfa. Mereka ingin menyaksikan kebenaran kepulan asap yang keluar dari dalam sebuah lubang dekat tiang listrik, Rabu (15/3). (Foto: Iwan Rusman)

PARIMO – Asap putih yang muncul dari dalam tanah dengan bau sedikit menyengat, menghebohkan warga Kecamatan Parigi, Kabupaten Parimo, Rabu (15/3).

Asap putih tersebut di temukan pertamakali  oleh Nurfa (45), warga Kelurahan Bantaya Senin (14/3). Asap itu muncul tepat dibawah tiang listrik  samping rumahnya yang tidak jauh dari SMA Neger 1 Parigi.

“Ini asap pertama saya lihat sekitar pukul 06.30 Wita kemarin (Senin, red) waktu saya akan membangunkan anak saya untuk pergi ke sekolah,”ujarnya.

Awalnya ia mengira hanya sebuah asap biasa. Ia menyangka, munculnya asap disebkan oleh puntung rokok. Setelah disiram dengan air,  asapnya justru mengepul.

“Tadi malam asapnya banyak keluar,”jelasnya.

Bahkan ia sempat menimbun lubang asap dengan pasir, tapi asap dan bau tidak sedap tetap keluar. “Saya juga sudah coba timbun dengan pasir, tapi masih muncul lagi,”jelasnya.

Kemunculan asap tersebut membuat heboh warga setempat dan warga yang kebetulan melintas. Karena lokasi kemunculan asap itu tidak jauh dari jalan.

- Periklanan -

Bahkan garis polisi terlihat sudah dipasang oleh aparat kepolsian sejak perta. Pemasangan garis polisi itu sudah dilakukan pasca penemuan pertama.

Berdasarkan pantauan koran ini, mulai pukul 06.00 Wita warga datang berbondong-bondong untuk menyaksikan langsung fenomena asap dari dalam lubang.

“Pokonya orang datang ini dari kemarin dan tadi malam, ramai sekali. Nanti hari ini (Rabu) baru heboh sekali,”kata Nurfa.

Selain warga, terlihat juga beberapa pegawai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parimo. Mereka datang mengecek kebenaran informasi yang diperoleh warga dan memonitor. Selain itu terlihat juga pemerintah keluraha setempat.

Disamping itu, terlihat juga petugas PLN yang mencoba memeriksa apakah asap tersebut disebabkan oleh gangguan listrik. Pasalnya, asap tersebut muncul dari lubang dekat tiang listrik.

Mereka sempat memeriksa sebuah kabel sambungan rumah yang posisinya berada di atap rumah Nurfa. Setelah diperiksa, ditemukan sebuah kabel yang tersangkut di sela-sela atap rumah. Namun, asap masih terlihat keluar dari lubang.

Petugas PLN tersebut juga tidak bisa memastikan kemunculan asap tersebut dikarekanakan gangguan jaringan listrik.

Sampai dengan siang kemarin asap mulai mengurang. Lokasi munculnya asap masih dipasang garis polisi. Tampak sesekali warga yang melintas mengehentikan kendaraannya menyaksikan secara langsung.

Sejumlah instansi terkait juga enggan berkomentar, karena mereka belum mengetahui pasti penyebab kemunculan asap putih tersebut. (Iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.