alexametrics Ansor Perangi Hoaks di Buol – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ansor Perangi Hoaks di Buol

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

BUOL-Kabupaten Buol merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), memliki banyak kelebihan karena memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan agama. Hal ini bisa diartikan sebagai anugerah. Akan tetapi di sisi lain realitas ini bisa memicu terjadinya perpecahan, intoleransi, dan konflik sosial.

Peran organisasi kemasyarakatan (Ormas) sangat penting, dalam hal mengembangkan pola pikir yang inklusif kepada masyarakat. Yakni, menjunjung tinggi keberagaman, toleransi, dan tenggang rasa.

“Pemahaman seperti ini harus dikembangkan di Kabupaten Buol, agar semua orang tahu bahwa sebetulnya keanekaragaman ini harus dipahami secara lebih utuh. Dan peranan ormas, serta media sebetulnya menjadi lebih penting untuk membangun semangat toleransi, inklusivitas, untuk membentengi masyarakat dari pemberitaan menyimpang (Hoaks), yang dapat menimbulkan konflik di tengah masyarakat, elite politik, dan pemerintahan di daerah, “ kata Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Buol, Moh. Syam Manto, SKM, kepada media ini.

PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Buol, salah satu ormas di Kabupaten Buol yang dapat mengantarkan masyarakat Buol menuju kepada pemikiran yang inklusif dan lebih matang dalam menghadapi realitas keragaman, untuk menghindari berbagai konflik sosial d itengah masyarakat. Karena kurangnya pemahaman masyarakat dalam memfilter dan memilah informasi yang dapat menimbulkan konfilk yang berujung pada gangguan Kamtibmas.

Menurut Moh. Syam Manto, sinergitas antara Ormas GP Ansor Buol dengan aparat kepolisian diperlukan dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban. Keamanan serta ketertiban bukan menjadi tanggungjawab aparat saja, namun perlu peranserta seluruh komponen masyarakat di dalamnya.

Untuk itu, GP Ansor Kabupaten Buol siap membantu Polri dalam memerangi berita bohong atau hoaks terkait dinamika politik dan kamtibmas saat ini di wilayah Kabupaten Buol.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Moh. Syam Manto selaku Ketua PC GP Ansor Kabupaten Buol bahwa hoaks, isu SARA, fitnah dan ujaran kebencian akan menimbulkan dampak negatif dan membuat masyarakat terbelah. Selain itu, menurutnya, akan timbul rasa tidak saling percaya di tengah masyarakat akibat hoaks tersebut.

“Gerakan Pemuda Ansor diharapkan menjadi banteng pertahanan dalam membendung gempuran informasi hoaks yang kian mengancam keutuhan bangsa, ” lanjut Moh. Syam Manto.

Terakhir Moh. Syam Manto menyerukan dan mengajak agar seluruh OKP di wilayah Kabupaten Buol harus membangun kesadaran publik tentang bahaya hoaks, hal ini demi menjaga bersama-sama kondusifitas kamtibmas di Kabupaten Buol.(tam)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.