Anggota DPR RI Persoalkan Kapal Cargo yang Merapat ke Dermaga Moutong Barat

- Periklanan -

PALU – Masuknya kapal yang mengangkut alat berat ke dermaga Moutong Barat pada Rabu, (13/4/2020) menjadi sorotan anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hj Sakinah Aljufri, S.Ag.

Sakinah menyoroti kapal LCT Sumber Sejahtera Abadi yang merapat di dermaga tersebut dikarenakan waktu yang tidak tepat, masuk dan bersandar ke dermaga saat pandemi Covid-19 yang masih tinggi sementara masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah masing-masing (stay at home).

“Di saat pandemi Covid-19 yang masih tinggi sekarang ini warga jadi resah lantaran kapal cargo mudah masuk dan berlabuh di dermaga Moutong Barat, sementara masyarakat diminta untuk tetap berada di rumah masing-masing,” ungkap Sakinah.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Sulawesi Tengah ini pun berang, lantaran disaat pembatasan akses masuk ke daerah-daerah dan himbauan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di jalur darat dan udara tidak diikuti dengan langkah serupa di jalur laut.

- Periklanan -

“Kita semua ingin pandemi Covid-19 ini cepat selesai, oleh karenanya mari semua pihak bersama-sama bahu membahu untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar lebih luas lagi. Saya harap perusahaan yang mendatangkan kapal ini pun juga turut andil mencegah. Jangan semaunya sendiri, harus sesuai dengan protokol Covid-19, jangan diabaikan,” ujar Politisi PKS sekaligus Sekjen WIA Pusat.

Sakinah juga mendesak pemerintah setempat dan pihak terkait melakukan pengawasan secara ketat kapal yang bersandar.

“Pemerintah dan pihak terkait di dermaga harus bertanggung jawab penuh mengawasi ini dengan sangat ketat. Pembongkaran muatan harus sesuai dengan protokol Covid-19, harus dilakukan penyemprotan disinfektan. Semua Anak Buah Kapal (ABK) harus dipastikan telah menjalani tes untuk memastikan bebas dari Covid-19,” kata Sakinah.

Ia juga menyampaikan bahwa bersandarnya kapal di dermaga Moutong Barat banyak mendapat protes dari warga setempat.

“Banyak sekali masyarakat yang memprotes bersandarnya kapal ini. Untuk mencegah meluasnya penyebaran virus korona atau Covid-19, saya berharap pihak-pihak terkait yang berwenang lebih memperketat pengawasan setiap kapal yang akan bersandar,” pungkas Sakinah.(*/fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.