alexametrics Alumni Elektro Untad Bersinergi untuk Pembangunan Sulteng – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Alumni Elektro Untad Bersinergi untuk Pembangunan Sulteng

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Alumni mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Tadulako (Untad) Palu, bersama seluruh alumni mahasiswa Teknik Untad menggelar diskusi dalam suasana santai coffee morning, dengan mengangkat tema diskusi “Sinergi Alumni Teknik Untad untuk Berperan Aktif dalam Pembangunan Sulawesi Tengah,” di sebuah café di Kota Palu, Sabtu (24/10).

Beberapa narasumber hadir sebagai pembicara yaitu, Ketua Inkindo Sulawesi Tengah (Sulteng) sekaligus Ketua IKA Teknik Untad, Ir. Gufran Ahmad, Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Untad Dr. Yuli Rahman, ST., M.Eng, Ketua IKA Teknik Sipil Untad Ir Erwin, ketua IKA Teknik Arsitektur Untad Taswin Bulu, ST, IAI, Ketua IKA Teknik Mesin, dan Mohamad Rivani, S.IP, MM, kolumnis Opini Radar Sulteng serta pemerhati sosial ekonomi Sulteng.

Dalam pemaparan dan diskusi bersama narasumber yang dipandu oleh Evenly Yulianto, ST, para pemateri dan audience sepakat untuk bersinergi dalam mengisi pembangunan Sulteng saat ini dan akan datang.

Dalam mukadimah diskusi yang berlangsung menarik dan dinamis di sela-sela coffee morning tersebut, dijelaskan Mohamad Rivani, jurusan teknik sangatlah strategis dalam pembangunan Sulteng, olehnya anak teknik khususnya jebolan Universitas Tadulako tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

“ Apalagi terdapat industri pertambangan yang besar di salah satu kabupaten bagian timur provinsi ini, yaitu Kabupaten Morowali, yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional dengan fokus pada hilirisasi nikel (Feronikel). Sehingga dapat membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran, “ papar Rivani.

“Diperlukan peran serta dan kerjasama antara pihak Pemerintah daerah, Kampus dan Swasta agar para lulusan Universitas Tadulako khususnya Fakultas Teknik dapat diterima bekerja di perusahaan-perusahaan besar yang ada di Sulawesi Tengah, “ timpal Gufran Ahmad dalam diskusi kemarin.

Diskusi digelar sebagai pembuka rangkaian acara pemilihan ketua Ikatan Alumni Elektro untuk masa bakti 2020-2023, dan yang terpilih pada kesempatan tersebut adalah Iksan Syarifudin, ST, yang merupakan salah satu alumni Elektro Untad yang saat ini menjabat Manager di salah satu dealer Telkomsel yaitu Akar Daya.

Ketua IKA Teknik Untad, Gufran Achmad, yang membuka acara diskusi dan Mubeslub mengungkapkan, bahwa Mubeslub yang digelar kemarin itu merupakan musyawarah alumni elektro pertama. Sudah menjadi besar. Peran alumni harus menjadi katalisator.

Soal Kartu Tanda Anggota (KTA) alumni, disebutkan Gufran dari 6.000 alumni baru 200 yang punya kartu KTA. Padahal kita kerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) ada modal awal Rp 50 ribu. Mau belanja itu sudah tercover di KTA yang juga bisa berfungsi sebagai ATM.

” Saya berharap ada database alumni Teknik, setelah ketua IKA Elektro terpilih. Sebab kita butuh orang lain dalam bekerja, untuk kebersamaan, dan kekeluargaan, ” kata Gufran.

Sedangkan Ketua jurusan Teknik Elektro, Yuli Rahman pada kesempatan itu mengatakan sebagai perwakilan dari civitas academika Untad, dirinya berharap kekeluargaan dan kerjasama sesama alumni Teknik Untad semakin kokoh. Menurutnya harus ada komunikasi yang intens antara alumni dan pihak kampus.

“ Walau saya bukan alumni Universitas Tadulako. Namun, sejak tahun 2004 jadi dosen di Fakultas Teknik Elektro Universitas Tadulako. Saya melihat tingkat kekeluargaan antara sesama alumni sangat tinggi, “ pujinya.

Dikatakannya, alumni itu titipan almamater. Alumni juga sebagai agen sosial di masyarakat. Semoga kegiatan ini tidak bersifat seremonial belaka, tetapi terus berlanjut.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.