Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, Sigi Raih Predikat B

- Periklanan -

SUMRINGAH : Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta (tiga dari kiri, batik hijau) semringah saat bersalaman dengan Menpan RB Asman Abnur, ketika menerima penghargaan, Senin (6/2).

SIGI–Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah kabupaten dan kota se Indonesia. Dalam penilaian hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah untuk wilayah III Sulawesi, Maluku Papua, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Menpan RB Asman Abnur yang hadir langsung dalam acara tersebut, memberikan penghargaan pada Bupati Sigi Moh Irwan Lapata, dari lima kepala daerah yang memiliki predikat B, yang dinilai baik dalam mengelola sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, pendayaan aparatur negera dan revormasi birokrasi, serta petunjuk teknis penyusunan perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan review atas laporan kinerja pemerintahan daerah untuk wilayah III.

Menteri Menpan RB dihadapan para kepala daerah mengatakan, kepala daerah merupakan pokok dalam sebuah pemerintahan yang baik, dan dapat mengontrol setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), karena banyak program yang mubazir dan tidak sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan dan tidak dirasakan langsung oleh masyarakat.

- Periklanan -

“Seperti program lingkungan yang seharusnya melaksanakan penghijauan, memperbaiki infrastruktur yang dirasakan oleh masyarakat. Akan tetapi, ada banyak pejabat eselon II, III hanya melaksanakan program tersebut melalui seminar, terus apa hubungannya seminar dengan lingkungan. Lantas lebih banyak melakukan study banding, dan ini hanya membuang anggaran,” jelasnya.

Menpan RB meyakini, bupati dan walikota masih banyak yang ingin berubah, dan telah mengajak KPK untuk melakukan pencegahan dari pada melakukan penangkapan. Maka dari itu bagi seluruh kepala daerah berbuatlah sesuatu untuk masyarakat, dan memanfaatkan anggaran sebaik mungkin.

Sementara itu, Bupati Sigi Moh Irwan mengatakan, penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Kemenpan RB merupakan motivasi untuk lebih baik lagi. Setidaknya, dengan predikat B dengan nilai baik, terus berupaya bisa naik menjadi BB (sangat baik). Dengan kekurangan-kekurangan yang ada saat ini, akan membentuk team work yang solid bersama Bappeda dan OPD terkait, sesuai dengan target yang diharapkan.

“Dalam pelaksanaan kinerja dan pengawasan yang baik serta laporan keuangan yang baik, kita harapkan semuanya harus bergerak. Terpenting kita harapkan E-Govermen semuanya harus berjalan. Dengan demikian, akan menjadi satu kekuatan dalam membangun Kabupaten Sigi yang lebih baik,” tegasnya, yang saat itu didampingi tim Bappeda Sigi.

Menurut Moh Irwan, Kabupaten Sigi dapat meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dari hasil laporan keuangan. Ditunjang dengan kekuatan secara bersama oleh team work yang telah dibentuk, dengan tiga program yakni, Sigi Religi, Sigi Masagena dan Sigi Hijau, serta maju mandiri dalam ekonomi kerakyatan menjadi satu kesatuan untuk membangun Kabupaten Sigi.(ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.