Aktif Ngeband, Ketua DPRD Palu Kritik Wawali

- Periklanan -

Muhammad Iqbal Andi Magga (Foto: Zainudin Jacub)

PALU – Ketua DPRD Palu Muhammad Iqbal Andi Magga SH menyatakan, dia telah mendapat laporan dari masyarakat soal Wakil Wali Kota (Wawali) Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu sudah kembali aktif ‘ngeband’ dan kembali aktif sebagai vokalis Band Ungu.

Menurut Iqbal, terkait laporan masyarakat ini, dia sedang memeriksa apa Wawali masih terdaftar di perusahaan yang menaungi Band Ungu.

“Ini harus kita periksa karena pejabat atau kepala daerah dalam Undang-Undang 23 tentang Pemerintah Daerah itu dilarang untuk merangkap dalam perusahaan negara maupun perusahaan swasta,” katanya.

Artinya kata Iqbal, ada rambu-rambu yang nantinya akan bertentangan dengan Undang-Undang tentang kegiatan Wawali itu.

Tentunya terhadap larangan undang-undang ini yang bisa melakukan penindakan adalah Gubernur sebagai pelaksana tugas dekonsentrasi dan pembinaan kepada pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Informasi masyarakat itu tentunya kita akan mencoba mencari pembuktiannya. Kalau perlu konfirmasi kepada perusahaan yang menaungi Ungu tentu kita akan coba mencari tahu,” jelasnya.

Menurut Iqbal kalau bicara soal tugas Wawali adalah memimpin tim investigasi dan advokasi.”Yang mana tugas tim antara lain menyelesaikan persoalan-persoalan terbengkalai di pemerintahan lama dan yang perlu diperbaiki,” katanya.

- Periklanan -

Misalnya soal reklamasi, Poboya hingga penataan Pasar.”Saya kira ini tugas Wawali berdasarkan Undang-Undang,” ujarnya.

Di mana Wali Kota telah mendelegasikan kewenangan kepada Wawali dalam sebuah keputusan tertulis, untuk melaksanakan tugas yang menjadi kewenangan Wali Kota, antara lain itu advokasi dan investigasi.

“Menurut saya tugas ini sudah berlarut-larut yang seharusnya selesai enam bulan hingga kini belum selesai,” kata Iqbal.

Ketika tugas utamanya belum tuntas dan kemudian Wawali melakukan tugas lain di luar tugas  utama dan itu kemudian bertentangan dengan Undang-Undang 23. Tentunya ini akan menjadi satu bom waktu bagi Pemerintah Kota Palu.

Iqbal menambahkan, ini harus disikapi karena hal ini bukan soal keberatan atau tidak keberatannya masyarakat  tapi ini adalah soal penegakan aturan.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait kabar Wawali kembali ngeband, Pemkot Palu membantah dengan tegas kabar tersebut.

Sementara dari sebuah video yang beredar di akun youtube Wawali Sigit alias Pasha terlihat sedang ngeband dan tampil live di salah Mal dalam iven hari musik nasional 2017. Video yang diunggap [email protected], dengan judul video UNGU – SETENGAH GILA | LIVE AT HARI MUSIK NASIONAL 2017, dan dipublikasikan tanggal 15 Maret 2017 itu, Pasha terlihat bernyanyi bersama personel Band Ungu dengan membawakan lagu baru berjudul “Setengah Gila”.

Sementara dikonfirmasi Radar Sulteng melalui Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Palu Nathan Pagasongan membantah jika Wawali ke luar kota dalam rangka mengusur Band Ungu atau kembali aktif menjadi vokalis Band Ungu. Menurut Nathan Wawali Sigit Purnomo Said belum lama ini keluar daerah dalam rangka mengurus persiapan kegiatan Palu Nomoni yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

“Nanti Palu Nomoni ini juga akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lain yang berskala nasional. Ini yang sementara Wawali urus untuk ke luar Kota,” sebutnya. (zai/saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.