Akper Donggala Merger ke Untad

- Periklanan -

Prof M. Basir Cyio

PALU – Akademi Keperawatan milik Pemkab Donggala, atau yang lebih dikenal dengan nama Akper Donggala, merger atau resmi menjadi bagian dari Universitas Tadulako (Untad). Nantinya, Akper Donggala, akan bermetamorfosis menjadi Program Studi Keperawatan di bawah naungan Fakultas Kedokteran (FK) Untad.

Rektor Untad, Prof DR Ir H Muh Basir Cyio, SE MS, mengungkapkan langsung informasi terkait mergernya Akper Donggala ini, saat ditemui usai menghadiri launching buku, biografi Pemimpin Umum Radar Grup, “Jejak Sang Kusir Dokar”, di hotel Mercure akhir pekan kemarin.

“Bahkan tahun ini sebenarnya sudah bisa terima mahasiswa. Saya yakin, dengan bergabungnya Akper Donggala ini ke Untad, akan semakin banyak peminatnya,”kata Prof Basir Cyio, sapaan akrabnya.

Menurut guru besar ilmu tanah ini, bahwa penyerahan asset sudah diteken oleh Bupati Donggala. Sebab katanya, penyerahan Akper Donggala, menyangkut semua aspek. Mulai dari asset, sarana dan prasarana yang dimiliki Akper Donggala selama, serta Sumber Daya Manusianya.

- Periklanan -

“Alhamdulillah Pak Bupati Donggala sudah teken (penyerahan asetnya), makanya sudah berani kami katakan, bahwa Akper Donggala, saat ini sudah menjadi bagian dari Untad,”tegasnya.

Untuk SDM atau dosen Akper Donggala yang akan beralih menjadi dosen Untad, menurut Prof Basir Cyio, akan dilakukan seleksi. Namun dua syarat utama, yakni harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan berlatar belakang pendidikan S2.

“Kita juga akan melakukan tes ulang. Kita juga akan lakukan tes mengajar. Jadi tidak semua akan kita ambil dan alih status jadi dosen Untad. Kita akan seleksi ulang, sesuai dengan standar yang ada di Untad,”sebutnya lagi.

Yang tidak lolos seleksi? Menurut Prof Basir Cyio, tentu saja akan kembali ke Pemda. Apakah akan menjadi pegawai structural atau fungsional, hal itu merupakan kewenangan Bupati Donggala.

“Setelah proses seleksi tenaga dosen, baru akan dilakukan pengisian jabatan di Program Studi Keperawatan tersebut,”demikian Prof Basir Cyio.(hnf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.