Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ajaib, Hilang Sepekan Pendaki Gunung Ditemukan Selamat

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dendi dikerumuni keluarga dan warga lainnya ketika tiba di Puskesmas Ampibabo, Jumat malam (21/4). (Foto: Ist)

PARIMO – Setelah dinyatakan hilang selama sepekan, Dendi (18) siswa Madrasah Aliyah (MA) Alkhairaat Ampibabo yang melakukan pendakian gunung Semen Sidole bersama delapan rekannya sejak Sabtu (16/4) akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Jumat (21/4).

Dendi ditemukan oleh ayahnya sendiri bersama beberapa warga setempat sekitar pukul 14.00 wita di pinggir tebing sungai sekitar 500 meter dari jalur pendakian.

Dendi yang diduga jatuh ke sungai saat hendak mengambil air minum ditemukan dalam keadaan lemas dan telanjang. Ketua Forum Komunikasi Pecinta Alam Pantai Timur (FKPAPT), Wawan yang turut dalam tim pencarian mengatakan, proses evakuasi terhadap korban cukup sulit dan berlangsung cukup lama.

Pasalnya korban ditemukan di pinggir tebing sungai yang letaknya cukup sulit untuk melakukan evakuasi. Setelah jatuh ke sungai, korban diduga berusaha naik kembali ke atas dengan memanjat tebing.

“Butuh waktu yang cukup lama untuk melakukan evakuasi korban karena kondisi medannya yang curam. Ayah korban bersama warga lainnya membuat tangga darurat terlebih dahulu sebelum melakukan proses evakuasi. Korban baru berhasil dievakuasi dan tiba di Desa Pangku pada malam hari sekitar pukul 20.00 wita,” ujar Wawan kepada Radar Sulteng melalui ponsel, Minggu (23/4).

Lebih lanjut Wawan menuturkan, setelah tiba di Desa Pangku, korban yang sudah dalam kondisi sangat lemah langsung dilarikan ke Puskesmas Ampibabo untuk mendapatkan penanganan medis. Hingga kemarin, korban masih dirawat secara intensif di Puskesmas dan belum bisa diminta untuk menceritakan kejadian yang dialaminya.

Selain Dendi, sudah beberapa kali pendaki yang dinyatakan hilang di jalur tersebut, namun selalu ditemukan dalam keadaan selamat setelah dilakukan pencarian. Dalam proses pencarian itu, gabungan pecinta alam dari Kabupaten Parimo dan Kota Palu menurunkan 65 orang anggotanya. Selain itu ada pula anggota Basarnas, Tagana, BPBD serta ratusan warga yang bergabung melakukan proses pencarian.

Seperti diberitakan, seorang pelajar Madrasah Aliyah Alkhairaat Ampibabo, Dendi (18) dinyatakan hilang setelah melakukan pendakian gunung Semen Sidole bersama delapan rekannya sejak Sabtu (15/4) pekan lalu. Berdasarkan informasi dari warga setempat, Dendi bersama delapan rekannya mulai melakukan pendakian pada Jumat (15/4) sekitar pukul 15.00 wita.

Para pendaki itu memulai perjalanannya dari Desa Pangku menuju puncak Gunung Semen Sidole  yang ditempuh dalam waktu 10 jam. Namun delapan rekan Dendi telah kembali ke Desa Pangku pada Minggu (16/4), sedangkan Dendi dinyatakan hilang ketika hendak mengambil air minum pada hari Sabtu sekitar pukul 13.00 wita. (aji)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.