Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Ada Proyek Miliaran “Fiktif” di Sigi

SIGI – Kabupaten Sigi saat ini tengah melakukan pemulihan pasca bencana, beberapa waktu yang lalu. Pembangunan infrastruktur hingga pemeliharaan pun terus dilakukan.

Melihat banyaknya pembangunan di Sigi, belakangan ini pun beredar adanya proyek-proyek yang ditawarkan ke para pihak ketiga atau kontraktor.

Salah satunya proyek dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi. Salah seorang narasumber Radar Sulteng menyebutkan satu diantara proyek tersebut yakni, rekontruksi penguatan tebing sungai bola, Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi. Sumber mengatakan, proyek itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Sigi.

Seperti yang diketahui wilayah Sigi, merupakan wilayah rawan bencana, salah satunya banjir dan longsor.

Dari data yang dihimpun Radar Sulteng, proyek di Kabupaten Sigi ini tidak hanya beredar dan diketahui kontraktor di wilayah Kabupaten Sigi saja, tetapi sudah “gentayangan” sampai ke Kota Palu, Makassar, Medan bahkan hingga ke Papua.

Tidak tanggung-tanggung, nominal setiap proyek yang tertera di dalam kontrak tersebut terbilang cukup sangat besar, hingga mencapai angka Rp 90 miliaran.

“Ada beberapa proyek yang ditawarkan ke kami, dan itu semua dari wilayah Kabupaten Sigi,” jelas salah seorang sumber yang minta tidak menyebutkan identitasnya.

Parahnya lagi ada salah satu oknum yang membawa nama BPBD Kabupaten Sigi, menjadi makelar dalam proyek-proyek tersebut.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Sigi, Asrul Repadjori saat dikonfirmasi Radar Sulteng membantah ada keterlibatan pihak BPBD dalam proyek-proyek yang disebutkan tersebut.

Ia mengatakan, beredarnya proyek yang membawa nama BPBD Kabupaten Sigi itu tidak benar atau Hoax. Asrul pun mengaku bahwa pihaknya tidak pernah menyebarkan proyek hingga ke luar kota.

“Tidak betul, itu hoax. Saya bahkan tidak tahu terkait adanya proyek-proyek,” pungkasnya. (ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.