Jalur SNMPTN Untad Mulai Dibuka

- Periklanan -

BERI INFORMASI : Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Prof Dr Suatrman Yodo (tengah), Humas SNMPTN Untad Dr Darsikin (kanan) memberikan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru di kampus Untad. (Foto: Sugianto)

PALU – Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di kampus Universitas Tadulako (Untad) mulai dibuka. Olehnya itu pelajar di tingkat SMA sederajat di berbagai daerah diminta untuk ikut seleksi.

Seperti tahun sebelumnya, mahasiswa baru angkatan 2017, diberi tiga kesempatan bagi mengikuti seleksi masuk di Untad. Di antaranya melalui jalur SNMPTN, kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Kepada wartawan di kampus Untad, Senin (16/2), Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Prof Dr Suatrman Yodo SH MH mengatakan, dari ketiga jalur seleksi itu, maka jalu SNMPTN yang akan dibuka pertama, setelah resmi dilaunching oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menrisetdikti) RI di Jakarta, 13 Januari lalu.

“Kami informasikan jalur SNMPTN sudah dibuka. Kami berharap siswa-siswi daerah agar ikut dalam SNMPTN tahun ini, dan tentu peran proaktif dari pihak sekolah sangat juga diperlukan,” ujarnya.

- Periklanan -

Disampaikan berdasarkan seleksi di tahun sebelumnya, dari sekitar 500 lebih SMA sederajat yang ada di Sulawesi Tengah, hanya ada sekitar 100 sekolah yang di SNMPTN. Makanya tahun ini akan lebih didorong supaya peran aktif pihak sekolah untuk mengikutkan siswa di SNMPTN kali ini.

“Tahun kemarin banyak sekolah yang tidak menggunakan haknya, tentu siswa-siswi yang ada di SLTA juga kehilangan kesempatan. Olehnya kami akan melakukan sosialisasi yang lebih masif lagi, khususnya di sekolah yang susah di akses informasi,” tambahnya.

Sementara Humas SNMPTN Untad, Dr Darsikin MSi, kuota pada proses penerimaan melalui jalur SNMPTN bagi seluruh perguruan tinggi, termasuk Untad tahun ini telah berkurang menjadi 30 persen dari 40 persen.

Keputusan tersebut, jelasnya, dikeluarkan oleh pemerintah pusat melalui Menristekdikti. Kemudian pada tiga jalur seleksi yang ada di Untad total Maba yang akan diterima mencapai 8.000 lebih.

Darsikin merincikan, jadwal pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah berlangsung mulai 14 Januari hingga 10 Februari mendatang.  Sementara verifikasi PDSS dilakukan pada 15 Januari-12 Februari. Selanjutnya pendaftaran kembali mulai berlangsung 21 Februari sampai 6 Maret mendatang.

“Pengumuman di jalur SNMPTN akan disampaikan pada 26 April 2017 nanti. Bagi yang lulus harus mendaftar ulang pada 16 Mei bersamaan ujian SBMPTN,” demikian kata Darsikin. (egi)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.