Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

7 Ekor Penyu Dilindungi Disita

MOROWALI – Petugas Pol Air Polda Sulteng bersama tim Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) wilayah kerja Morowali, berhasil mengamankan 2 warga di Desa Padabale Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali.
Kedua warga Desa Padabale ini diamankan pada Minggu (21/4) belum lama ini karena, kedapatan menyimpan satwa dilindungi jenis penyu di dalam karamba yang diletakkan di bawah rumah masing-masing.
Salah satu petugas PDSKP Morowali bernama Mulyadi mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama petugas Polda Sulteng mengamankan 7 ekor penyu di Desa Padabale saat melaksanakan operasi rutin di wilayah perairan Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.
Kedua warga Desa Padabale ini masing-masing bernama Nasir Tati (50) dan Nasrun (53). Keduanya merupakan nelayan di Desa Padabale.
“Kami mendapatkan informasi dari warga bahwa, ada warga Desa Padabale memiliki penyu yang disimpan di dalam karamba. Mendapat informasi itu, kami langsung menindaklanjutinya. Sampai disana, kami menemukan 6 ekor penyu yang dilindungi yang disimpan di dalam karamba milik Nasir Tati,” ungkap Mulyadi yang juga PNS di Dinas Perikanan Kabupaten Morowali.
Untuk di rumah Nasrun, Mulyadi mengatakan bahwa pihaknya menemukan 1 ekor penyu dilindungi yang juga disembunyikan di dalam karamba milik pribadi tersangka. Dalam operasi rutin di perairan Morowali ini, tim Polda Sulteng menggunakan Kapal Kutilang 5005.
“Kedua tersangka melanggar pasal 21 ayat 2 huruf c Jo pasal 40 ayat 2 UU nomor 5 tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam. Setelah mengamankan ketujuh penyu dilindungi ini, selanjutnya dilakukan gelar perkara. Tersangka dan barang bukti telah diserahkan kepada Dit Polair Polda Sulteng,”tegasnya.(fcb)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.