46 Penumpang Kapal Fery Jalani Rapid Test di Pelabuhan Taipa

- Periklanan -

PALU – Sebanyak 46 orang penumpang Fery KM Tuna dari Terminal Pelabuhan Kariangau Balikpapan, Kalimatan Timur yang berlabuh di Pelabuhan Taipa, Kota Palu tadi malam (29/5) harus menjalani Rapid Test. Diduga para penumpang dari zona merah penyebaran Covid-19 tersebut tidak memiliki kelengkapan dokumen kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Muhammad Arif dikonfirmasi Radar Sulteng menjelaskan, 46 penumpang KM Kariangau dari Balikpapan tujuan Kota Palu harus mengantre untuk dilakukan pemeriksaan Rapid Tes. Pemeriksaan Rapid Tes dilakukan tim medis dan disaksikan aparat TNI dan Polri. ‘’Bagi penumpang yang hasil Rapid Tesnya reaktif (positif) langsung diarahkan ke Pondok Perawatan Asrama Haji Palu. Sedangkan penumpang yang hasilnya non reaktif (negatif) dipersilakan masuk Kota Palu,’’ jelas Muhammad Arif.

Pemeriksaan Rapid Tes terhadap penumpang KM Kariangau katanya, bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan tim gugus tugas Covid-19 Kota Palu. Proses pemeriksaan hingga tadi malam masih berlangsung dan targetnya sampai selesai. Tim medis dan aparat gabungan yang ada di lapangan bahu membahu agar proses pemeriksaan Rapid Tes berlangsung aman dan lancar.

- Periklanan -

Sebelumnya Selasa (19/5) sebanyak 14 warga asal Mamuju, Pantai Timur dan Gorontalo yang nekat mudik melalui jalur laut dari Balikpapan ke Pelabuhan Ferry Taipa menggunakan KMP Tuna.

Belasan penumpang diketahui petugas pelabuhan, saat dilakukan pemeriksaan tidak mengantongi surat persyaratan dokumen kesehatan sesuai dengan aturan PM 25 tahun 2020. Pemudik tersebut beralasan karena tidak memiliki uang untuk bertahan hidup di Kalimantan ditengah covid-19, sehingga memutuskan untuk pulang ke Palu.

Kepala Kepolisian Sektor Kesatuan Pelaksanaan Keamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan, IPDA Syarif SH, membenarkan adanya penahanan terhadap 14 warga Kota Palu yang lolos dari pelabuhan Kalimantan menggunakan Kapal yang tiba di pelabuhan Ferry Taipa tanpa disertai dengan dokumen kesehatan. (lib)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.