Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

42 Peserta Calon Guru MAN IC Palu Jalani Ujian Seleksi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Madrasah Aliya Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu, telah menggelar ujian seleksi nasional tenagapendidik dan tenaga kependidikan untuk Madarasah Aliyah Negeri Unggulan tahun 2021.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng, Dr. H. Rusman Lanke, membuka seleksi tersebut secara resmi, disaksikan oleh Kepala Bidang (Kabid) pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. Kiflin Padjala, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, Kepala Madrasah (Kamad) MAN IC Kota Palu, H. Soim Anwar, S.Pd., M.Pd, dan pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke banyak memberikan wejangan atau berpesan kepada para peserta bahwa MAN IC Kota Palu adalah icon di Sulteng, karena itu kita berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. MAN IC Kota Palu merekrut tenaga pendidik dan kependidikan yang mata pelajarannya masih dibutuhkan.

Sedangkan harapan Kakanwil, adalah untuk menjadi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pertama, punya komitmen. Kedua, punya tanggungjawab, atau responsibility. Ketiga, bersyukur, dengan banyak melakukan silaturahim. Keempat, ikhlas beramal.

“ Suksesnya sebuah tim work di MAN Insan Cendekia Kota Palu, merupakan peran dari civitas MAN IC yaitu guru, Tata Usaha (TU), dan para siswa dan siswi. Keberhasilan karena peran kita semua, baik tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Yaitu, mengikuti berbagai iven lomba, mengikuti olimpiade dan iven-iven lainnya, “ urai Rusman Langke.

Dikresempatan yang sama, Kamad MAN IC Kota Palu, H. Soim Anwar menjelaskan data peserta seleksi tenaga pendidik (guru) maupun tenaga kependidikan nasional untuk MAN IC Kota Palu, pendaftar sebanyak 177 orang. Sebarannya untuk enam mata pelajaran, yaitu Fisika 30 orang, Biologi 47 orang, Bimbingan Konseling 48 orang, Sejarah Indonesia ada 21 orang, Prakarya 10 orang, TIK 16 orang.

Dari enam mata pelajaran yang selesai dan mengapload data untuk Fisika sebanyak 15 orang, Biologi 7 orang, Bimbingan Konseling 14 orang, Sejarah Indonesia 7 orang, Prakarya 0, dan TIK 5 orang.

“ Untuk yang kosong pendafatar di mata pelajaran Prakarya itu bisa saja masuk dari provinsi yang lain, “ jelasnya.

Proses kemudian, yang dinyatakan lolos administrasi mata pelajaran Fisika 15 orang, Biologi 6 orang, TIK 13 orang, Sejarah Indonesia 4 orang, Prakarya 0, TIK 4. Sehingga jumlah yang selesai dokumen persyaratan 48, tetapi setelah ditracking memeriksa semua dokumen yang ada yang dinyatakan lulus 42 orang. Selanjutnya, yang dari 42 orang yang memilih tes di MAN IC Kota Palu itu sebanyak 37 orang, lainnya mengambil tes di tempat lain, seperti di MAN IC Pekalongan dan lain sebagainya.

“Dari 42 orang itu pada hari ini mengikuti tes computer best test, dilaksanakan secara serempak secara nasional, kalau WIB itu dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00, dan kalau di waktu Indonesia bagian tengah (WITA) itu dilaksanakan dari pukul 09-00 sampai dengan pukul 11.00 WITA, dan waktu Indonesia bagian Timur (WIT) itu dari pukul 10.00 WIT sampai dengan pukul 12.00 WIT, “ jelasnya.

Menurut Soim, dari 42 peserta itu akan diambil yang terbaik, yaitu 3 orang dari setiap mata pelajaran. Untuk ujian 3 besar itu, jenjang tes berikutnya yaitu microteaching dan wawancara. Ujian microteaching akan dilakukan oleh guru professional yang ditunjuk oleh Bidang Pendidikan dan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng. Sedangkan penguji di sesi wawancara akan dilakukan oleh Dr. H. Achmad Hidayatulah didampingi bapak Alif dari Direktorat GTK Kemenag RI.

“ Ujian microteaching dan wawancara digelar hari Kamis tanggal 4 Februari 2021, di MAN Insan Cendekia Kota Palu, “ ungkapnya. Mengenai pengumuman akan digelar pada Februari 2021.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.