alexametrics Warga Serahkan Senjata Api dan Mortir ke Kodim Morowali – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Warga Serahkan Senjata Api dan Mortir ke Kodim Morowali

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

MOROWALI-Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf Constatinus Rusmanto, baru saja menerima senjata api (Senpi) dan amunini dari Sertu Mustakim serta mortir dari Danramil 05 Kapten Inf Burhanuddin.

Penyerahan senjata tersebut dilaksanakan di aula markas Kodim 1311 Morowali, di kompleks KTM Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Selasa (11/1).

Menurut Dandim 1311 Morowali Letkol inf Contantinus Rusmanto, pihaknya telah menerima satu pucuk senpi dari Danramil 1311-05 Mori Atas Kapten Inf Burhanuddin dan Sertu Mustakim Babinsa 05, berupa satu pucuk senjata api AK 47 No senjata 10004. Kemudian, satu magasen AK 47. Amunisi 103 butir terbungkus plastik berwarna merah.

Ia juga mengungkapkan kronologis keberadaan ditemukannya senpi tersebut. Pada Senin 10 Januari 2021 pukul 08.00 Wita, masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya (pekerjaan pencari rotan) sedang mencari rotan dan menemukan sebuah benda yang menyerupai senpi.

“Sekitar pukul 09.00 Wita, warga desa tersebut menghubungi Babinsa Desa Era, Sertu Mustakim, via telepon untuk memberikan informasi, “ ungkap Dandim.

Menurut keterangan warga tersebut, pada saat mencari rotan yang bersangkutan melihat benda yang menyerupai senjata api yang tersimpan rapi didekat sebuah rumpun pohon bamboo, yang dibungkus dengan plastik warna hitam dan ditindih dengan batu.

Selajutnya, Babinsa Desa Era Sertu Mustakim langsung mendatangi tempat tersebut untuk meyakinkan kebenaran informasi yang didapatkan. Setelah dilakukan pengecekan bahwa benar adanya keterangan yang telah diberikan oleh masyarakat tersebut sekitar pukul 14.00 Wita, Babinsa Desa Era Sertu Mustakim melaporkan penemuan itu ke Danramil 1311-05 Mori Atas Kapten Inf Burhanuddin dan mengamankan barang bukti di Koramil 1311-05 Mori Atas.

Kemudian senpi dan mortir serta amunisi diserahkan ke Kodim 1311. Setelah dikonfirmasi kepada komandan Detasemen Peralatan (Dan Denpal), senpi tersebut buatan Rusia sejenis AK 47.

“ Kalau kita lihat adalah jenis senjata organic, karena ada nomor senjatanya. Selajutnya, saya laporkan kepada bapak Danrem 132 Tadulako dan pagi ini diserahkan ke Kodim. Saat akan diserahkan ke Kodim ada masyarakat yang menyerahkan lagi kepada Danramil satu buah mortir jenis Canonlantapa, “ bebernya.

Ditambahkannya, hal ini membuktikan bagaimana keberhasilan komunikasi sosial dari Babinsa di Koramil 05 Mori Atas kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan sukarela memberikan informasi adanya senpi.

“ Saya minta, apabila masyarakat khususnya Kabupaten Morowali dan Morowali Utara (Morut) apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan pada saat berkebun ataupun mencari rotan di hutan, secepat mungkin bisa melaporkannya kepada kami. Ini merupakan bentuk komunikasi yang baik, dari kami selaku aparat teritorial di Kabupaten Morowali kepada masyarakat di desa binaan, ” paparnya.

Selajutnya, untuk informasi lebih lajut terkait jenis senjata menunggu konfirmasi dari tim Denpal Poso atau Denpal Palu untuk mengecek senjatanya. Akan tetapi sepintas dari hasil foto kemudian video yang kami kirimkan adalah jenis senjata SKS, kemudian mortir jenis Canonlantaka.

“Sedangkan amunisinya, akan dilihat dari jenis senjatanya. Kalau mortir sudah tidak aktif, dan kalau senpi SKS jika dibersihkan kemungkinan masih bisa aktif, namun kita belum uji coba, “ jelasnya.

“ Nanti kalau Tim Denpal sudah ada, kepastianya bisa kita uji coba apakah masih bisa atau tidak, “ tambah Dandim lagi.

Masih, kata Dandim, berkaitan dengan senpi ini belum bisa dipastikan milik siapa. Ini merupakan laporan masyarakat, sehingga senjata ini tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab. Kita tau bahwa situasi wilayah khususnya di perbatasan Morowali dan Poso masih kemungkinan ada kerawanan.

“ Sehingga kita mengapresiasi kepada masyarakat yang berani melaporkan. Identitasnya dirahasiakan, karena untuk menjaga faktor keamanan. Jadi, teman-teman media bisa memaklumi dan selajutnya senjata ini akan kita laporkan dan kita serahkan ke Denpal Palu, sebagai RKP penguasaan teknis untuk persenjataan dari Denpal Palu, “ sebutnya.

Hadir dalam acara penyerahan senpi, aminisi, dan mortir Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1311 Morowali Mayor David Lunta, Pasi Ter Kapten Fathurohman, Pasi Pers Kapten Puryadi, Pasi Ops Kapten Latera, Danramil 01 Bungku Kapten Sukamto.(pri)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.